Ahli Arkeologi Prof Dr Harry Truman Simanjuntak Raih Penghargaan Sarwono Awards 2015

Ahli Arkeologi Prof Dr Harry Truman Simanjuntak, DEA meraih penghargaan Sarwono Award 2015 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam acara puncak perayaan HUT LIPI ke-48, Kamis (20/8/2015). Sosok Harry terpilih sebagai penerima penghargaan atas konsistensi dedikasinya selama 38 tahun dalam menekuni penelitian di bidang arkeologi.

"Sekitar tiga minggu yang lalu, Bapak Kepala LIPI menghubungi saya untuk menginformasikan bahwa saya terpilih mendapat penghargaan LIPI Sarwono Award 2015. Rasa kaget bercampur heran dan senang pun muncul seketika karena sebelumnya tidak pernah terpikirkan mendapat penghargaan itu," ujar Harry saat memberikan sambutan di Auditorium Utama LIPI.

"Menerima penghargaan LIPI Sarwono Award 2015 merupakan sebuah kehormatan yang luar biasa sekaligus tantangan untuk berbuat lebih baik lagi di dunia arkeologi," tambahnya.

Menurut Kepala LIPI Prof Dr Iskandar Zulkarnain, sosok Harry memiliki dedikasi yang tinggi dalam upaya pemasyarakatan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk menjawab permasalahan dan isu strategis bangsa.

"Hasil riset dan petualangannya ke seluruh penjuru Indonesia telah mengungkap bahwa Indonesia adalah kawasan yang sangat penting untuk mengetahui evolusi manusia dan budaya. Tidak banyak wilayah di dunia bisa menghidupi manusia sejak masa begitu tua karena temuan-temuan Homo erectus tidak banyak di dunia ini. Hanya ada di beberapa tempat, salah satunya adalah Indonesia," ujar Iskandar.

Bagi peneliti senior di Pusat Arkeologi Nasional ini, memasuki dunia arkeologi bukanlah suatu kebetulan, tetapi keinginan yang sudah ada sejak mendengar kisah Candi Borobudur dalam pelajaran Sejarah di Sekolah Rakyat. Pada perjalanan studi selanjutnya, ia memilih kuliah di Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada.

"Penghargaan yang sangat istimewa ini akan selalu mengingatkan saya untuk terus melakukan yang terbaik dalam bekerja dan berkarya seperti yang telah diteladankan oleh bapak pendiri LIPI," ucap Harry menutup sambutannya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar