500 Pelari Ramaikan 10K Run Skouw – Wutung 2015

Mengusung tema Run for Friendship, lomba lari 10 kilometer (10 K Run) Skouw-Wutung kembali digelar tahun ini.

Sejak pertama kali digelar pada 2012, event ini telah dilaksanakan sebanyak 4 kali. Pada tahun ini, Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, terpilih sebagai tempat start lomba lari.

Sebanyak 500 pelari dari Indonesia dan Papua New Guinea turut ambil bagian dalam lomba yang berakhir di Kampung Wutung, Provinsi Sandaun, Papua New Guinea.

Lomba terbagi dalam 2 kategori, yakni, kategori umum, terdiri atas kelompok pria dan wanita, serta kategori pelajar yang juga melombakan kelompok yang sama dengan jarak tempuh sejauh 10 kilometer.

Elmar Iwan Lubis, Konsul RepubIik Indonesia di Vanimo, menegaskan bahwa pelaksanaan lomba ini merupakan cerminan persahabatan antara kedua negara, khususnya hubungan antarmasyarakat atau yang lazim disebut sebagai people to people contact. Pada perhelatan kegiatan yang sama di tahun-tahun mendatang, peserta diharapkan tidak hanya berasal dari PNG dan Indonesia saja, namun juga dari negara-negara pasifik lainnya.

“Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini adalah kerja sama antara Provinsi Papua dan Provinsi Sandaun. Untuk itu, ke depan, kenapa tidak, negara-negara pasifik lainnya juga kita libatkan pula,” ujar Konsul Elmar.

Lomba lari 10 km lintas batas antar negara ini memperebutkan total hadiah sebesar hampir 100 juta rupiah dengan melibatkan PT. Freeport dan pihak lainnya sebagai sponsor. Akan tetapi, sebagaimana tema dari lomba tersebut, sasaran utama penyelenggaraan tidak semata meraih hadiah, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana membina persahabatan dan persaudaraan di perbatasan kedua negara.

Turut hadir dalam acara tersebut pejabat pemerintah Provinsi Papua yaitu Asisten III Sekretaris Daerah Papua, Rosina Upessy, serta Deputy Provincial Administrator Provinsi Sandaun, Conrad Tilau, dan Konsul Jenderal PNG untuk Indonesia di Jayapura, Jack Aria.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar