Bersama Perwakilan Indonesia, Diaspora RI Gagas Pertukaran Pelajar SMA Salatiga-Hamburg

SMAN I Salatiga bekerjasama dengan Sekolah Menengah Gymnasium Ohlstedt, Hamburg sepakat untuk menyelenggarakan pertukaran pelajar antar kedua sekolah.  Program pertukaran pelajar diawali dengan kunjungan 18 Murid SMAN I Salatiga dan dua orang guru pendamping ke Sekolah Menengah Gymanasium Ohlstedt, Hamburg, dari tanggal 6 sampai dengan 26 September 2015.Sedangkan para pelajar Gymnasium Ohlstedt  akan  berkunjung dan belajar di SMAN I Salatiga pada bulan Oktober 2015.  Disamping  pelajaran di bangku sekolah, para murid akan mempelajari kehidupan dan budaya masing-masing negara dan masyarakatnya.

Dalam rangka membuka program pertukaran pelajar dan menyambut delegasi SMAN I Salatiga, Konsul Jenderal RI Hamburg mengadakan jamuan makan malam di KJRI Hamburg pada tanggal 7 September 2015 dengan seluruh delegasi SMAN I Salatiga dan para pelajar Gymnasium Ohlstedt yang akan ikut pertukaran pelajar di SMAN I Salatiga pada bulan Oktober 2015. 

Pada kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin menyampaikan antara lain apresiasi tinggi kepada semua pihak, terutama kepada Mr. Harald PloƟ, diaspora Indonesia di Hamburg yang telah menggagas program pertukaran pelajar tersebut dengan dukungan KJRI Hamburg. Konsul Jenderal RI selanjutnya menyampaikan program pertukaran pelajar antara Jerman dan Indonesia di tingkat SMA ini adalah yang baru pertama kalinya dilaksanakan dan diharapkan dapat menjadi building bridges peningkatan people-to-people contact RI-Jerman dan sebagai  modal mekanisme kerjasama pendidikan ke depan.

Hadir dalam jamuan makan malam tersebut, Mr. Sven Callesen, dari  Sekolah Gymnasium Ohlstedt dan Kepala Sekolah SMAN I Salatiga, Ibu Wahyu Tri Astuti, para orang tua Murid Gymnasium Ohlstedt serta Host Families murid SMAN I Salatiga selama tinggal di Hamburg. 

Dalam sambutannya Mr. Callesen menyampaikan antara lain bahwa pertukaran pelajar ini dapat meningkatkan saling pemahaman budaya antara masyarakat Jerman dan Indonesia. Murid dari SMA Jerman dan Indonesia  dapat belajar satu sama lain mengenai budaya masing-masing. Ibu Wahyu Tri Astuti, Kepala Sekolah SMAN I Salatiga menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak atas penyelenggaraan program pertukaran pelajar dan menitipkan anak-anak SMAN I Salatiga untuk belajar di sekolah Jerman.

Selama di Hamburg, selain mengikuti kegiatan belajar dan mengajar, para pelajar SMAN I Salatiga juga akan memperkenalkan seni-budaya dan pariwisata Indonesia kepada murid-murid dan masyarakat sekitar sekolah Gymnasium Ohlstedt. Sebagai puncak kegiatan acara, Sekolah Gymnasium Ohsltedt dan SMAN I Salatiga akan mengadakan promosi seni budaya dan kuliner Indonesia di Gymnasium Ohlstedt pada tanggal 12 September 2015. 

Para murid SMAN I Salatiga sangat terkesan dan antusias mendapatkan kesempatan menjadi peserta pertukaran pelajar. Bahkan ada yang menyampaikan sebagai impian indah yang berhasil menjadi kenyataan.  Mereka berharap bahwa dalam kunjungan ke Jerman, mereka dapat belajar  perihal sisitim  pendidikan Jerman yang selama ini dikenal sangat maju. Sedangkan para Murid Sekolah Gymnasium Ohlstedt tidak sabar dapat berkunjung ke Salatiga bulan Oktober nanti. Mereka ingin belajar keragaman budaya dan kuliner Indonesia yang sering mereka dengar dari media.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar