Diplomat Madya Ajak Mahasiswa Universitas Tadulako Berdiplomasi Publik

Peserta Sekolah Staf Dinas Luar Negeri Angkatan ke-55 (Sesdilu-55) Kementerian Luar Negeri melakukan sosialisasi dan diskusi interaktif dengan sivitas akademika Universitas Tadulako di Gedung Media Center, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk mendiseminasikan pelaksanaan politik luar negeri dan diplomasi RI, serta mengajak mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam pelaksanaan diplomasi publik Indonesia. Sosialisasi mengangkat 3 tema diskusi, yakni “Grand Strategy of Indonesian Foreign Policy”, “Indonesian Public Diplomacy”, dan “How to be a Diplomat.”

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Tadulako menyampaikan penghargaan yang besar kepada diplomat Indonesia yang dinilai telah menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi, bukan hanya dalam praktik hubungan internasional, namun juga dalam melayani Warga Negara Indonesia di luar negeri. Rektor juga berbagi pengalaman pribadinya mendapatkan bantuan dan pelayanan prima dari para diplomat yang sedang bertugas pada kesempatan kunjungannya ke luar negeri.

“Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi adalah untuk menggugah kesadaran sivitas akademika bahwa diplomasi membutuhkan peran civil society, termasuk para mahasiswa dan dosen, untuk mempromosikan Indonesia baik di dalam maupun luar negeri,” demikian disampaikan Dr. Nana Yuliana, Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri. “Selain itu, sosialisasi bertujuan untuk menggugah makin banyaknya keterwakilan mahasiswa Sulawesi Tengah, khususnya Universitas Tadulako untuk bergabung di Kementerian Luar Negeri,” lanjut Nana.

Kegiatan sosialisasi berhasil menarik kehadiran ratusan mahasiswa Universitas Tadulako dari berbagai disiplin ilmu. Antusias mahasiswa Tadulako tergambar jelas dalam sesi diskusi interaktif, dimana para mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan, baik mengenai isu terkini yang berkaitan dengan politik luar negeri, maupun mengenai tugas-tugas seorang diplomat dan tips and tricks agar sukses bergabung di Kementerian Luar Negeri. Universitas Tadulako adalah perguruan tinggi negeri di Palu yang berdiri pada tahun 1981.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar