​Dirjen IDP, Duta Besar Esti Andayani, Menyapa Kupang dan Ambon Dalam Sosialisasi Diplomasi Publik Indonesia

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan menyampaikan perkembangan terkini diplomasi Indonesia, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Esti Andayani menyampaikan Keynote Speech pada acara Public Lecture dan Sosialisasi Diplomasi Publik Indonesia di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Ambon, Provinsi Maluku. Acara tersebut mengangkat tema Pemberdayaan Potensi Daerah Dalam Pelaksanaan Diplomasi Publik Indobnesia.

Dirjen Esti Andayani menyampaikan Keynote Speech dihadapan sekitar 300 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kupang, bertempat di Universitas Nusa Cendana, Kupang. Dirjen Esti Andayani menyampaikan Keynote Speech di dua tempat di Ambon, yaitu di Universitas Pattimura dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) masing-masing dihadiri sekitar 250 mahasiswa.

Dalam pidatonya, Dirjen Esti Andayani antara lain menyampaikan pentingnya peranan diplomasi publik dalam hubungan luar negeri Indonesia, terutama di era globalisasi yang ditandai oleh meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dikalangan masyarakat dunia.

“Diplomasi publik juga dapat dilaksanakan oleh aktor non-pemerintah seperti civitas akademika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat madani, terutama ketika kemajuan teknologi telah mempermudah kita untuk mempromosikan potensi, aset dan program pengembangan daerah di berbagai bidang khususnya ekonomi dan investasi”, kata Dirjen Esti.

Keynote speech Dirjen IDP itu dilanjutkan dengan diskusi panel, menghadirkan narasumber Yosua Bire (Dosen Universitas Nusa Cendana), Al Busyra Basnur (Direktur Diplomasi Publik, Kemlu), Pandu Utama Manggala (Direktorat Astimpas, Kemlu), dan Nusiaga Putri (Biro Kepegawaian Kemlu) untuk kegiatan di Kupang.

Sementara untuk acara di Ambon, hadir sebagai narasumber Dr. Izaac Tonny Matitaputy, SE. M.Si (Ketua Laboratorium Penelitian, Pengkajian dan Pelatihan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura), Dr. S.P. Soegijono, SE, M.Si (Pembantu Rektor I UKIM), Al Busyra Basnur (Direktur Diplomasi Publik Kemlu), Rizal Wirakara (Direktorat Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika) dan Monica Ari Wijayanti (Direktorat Asia Timur dan Pasifik).

Selain mahasiswa, acara tersebut dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor, Dosen, pejabat pemerintah daerah dan undangan lainnya.

Sebelum dan sesudah Public Lecture tersebut, juga diselenggarakan sosialisasi pelaksanaan diplomasi publik Indonesia dan Masyarakat ASEAN 2015 kepada pelajar SMK dan SMU di kota Kupang dan Ambon. Di Kupang, sosialisasi dimaksud dihadiri oleh sekitar 600 pelajar dengan narasumber Ina H. Krisnamurthi (Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN, Kemlu) dan Al Busyra Basnur (Direktur Diplomasi Publik, Kemlu). Sementara di Ambon, acara dihadiri oleh sekitar 300 pelajar dengan narasumber J. S. George Lantu (Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN, Kemlu) dan Al Busyra Basnur (Direktur Diplomasi Publik, Kemlu).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan sosialisasi program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri kepadda pelajar SMK dan SMU di Kupang dan Ambon. Diharapkan pada tahun 2016, pelajar terpilih dari Kupang dan Ambon dapat mengikuti program BSBI tersebut.

Selain menambah pengetahuan dan wawasan, kegiatan itu juga dimaksudkan untuk mempererat konektifitas dan sinergi Kementerian Luar Negeri dengan pemerintah daerah utamanya dalam kegiatan diplomasi, hubungan dan kerjasama internasional. 

Kegiatan Public Lecture dan Sosialisasi tersebut, diselenggarakan oleh Direktorat Diplomasi Publik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar