Ekspedisi Bhakesra 2015 Kunjungi Warga di Empat Pulau Terpencil Indonesia

Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Bhakesra) 2015 yang dibentuk untuk meningkatkan kebersamaan masyarakat di pulau-pulau terpencil Indonesia telah dimulai. Ekspedisi Bhakesra 2015 mulai berlayar dari dermaga Kolinlamil Jakarta pada 31 Agustus 2015 dan akan kembali pada 28 September 2015.

Upacara pelepasan Satgas Bhakti Kesra Nusantara V tahun 2015 dipimpin oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Sesmenko PMK) Drs. Sugihartatmo, M.P.A. Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut –Laksamana Pertama TNI Sigit turut mendampingi upacara pelepasan yang dilakukan di dalam Geladak KRI Banda Aceh-593 itu.

Pada kesempatan tersebut, Sesmenko PMK menyampaikan pesan kepada seluruh anggota tim Ekspedisi Bhakesra untuk bergotong royong dalammelaksanakan misi mengunjungi saudara setanah air yang tinggal di wilayah terpencil. Diharapkan tim Ekspedisi Bhakesra dapat memberikan berbagai bantuan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Kemenko PMK selaku penyelenggara kegiatan Ekspedisi Bhakesra berhasil menggalang bantuan senilai lebih dari Rp 167 miliar. Bantuan tersebut berasal dari berbagai sumber. Mulai dari kementerian/lembaga, dunia usaha, LSM, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, kepemudaan, keagamaan dan berbagai elemen bangsa lainnya.

Selama kurang lebih satu bulan, Ekspedisi Bhakesra akan berlayar mengunjungi empat pulau kecil di sekitar Teluk Tomini, Pulau Sulawesi. Keempat pulau itu adalah Pulau Muna dan Pulau Wawonii di Sulawesi Tenggara; serta Pulau Banggai dan Pulau Togean di Sulawesi Tengah. Pulau pertama yang dikunjungi pada 7 September 2015 adalah Pulau Muna di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Sebelum menuju Pulau Muna, tim Ekspedisi Bhakesra terlebih dulu bersandar di pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar untuk mengisi perbekalan kapal pada 3 September 2015. Meski tidak menyelenggarakan kegiatan di Makassar namun tim Bhakesra disambut hangat oleh Walikota Makassar – Danny Pomanto yang mengadakan jamuan makan malam di rumah dinas Walikota.

Pada jamuan makan malam tersebut, ketua tim ekspedisi – Magdalena mengungkapkan bahwa pelaksanaan Ekspedisi Bhakesra yang dimulai sejak tahun 2011 telah memberikan kesan mendalam bagi masyarakat yang dikunjungi. Masyarakat di pulau terpencil merasakan kehadiran negara melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan Ekspedisi Bhakesra.

Lebih lanjut, wanita yang juga merupakan Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kemenko PMK ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Ekspedisi Bhakesra bagi masyarakat di pulau terpencil dan terluar merupakan bentuk kepedulian nyata pemerintah. Selain itu, Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara V tahun 2015 juga diselenggarakan dalam rangka mendukung Sail Tomini 2015. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar