Fakhri Bagus Pratama, Violinis Muda Berbakat Indonesia Pukau Publik Ceko

Bertempat di ruangan bergengsi bersejarah milik Walikota Praha, Brozik Hall, violinis muda berbakat Indonesia, Fakhri Bagus Pratama, memukau ratusan publik Ceko yang hadir menyaksikan pertunjukan musiknya (2/9). Pertunjukan musik tersebut digelar oleh KBRI Praha dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 dan berdirinya Kementerian Luar Negeri RI.

Fakhri yang malam itu tampil rapi dan simpatik dengan balutan jas hitam, memberikan sentuhan personal untuk para undangan sehingga suasana terasa akrab dan hangat. Fakhri sempat menyapa penonton dalam bahasa Ceko, “dobry den” yang berarti halo. Sesekali di sela-sela permainan biolanya, Fakhri menyampaikan perasaannya tentang perjalanan tampil di banyak acara di Indonesia, cita-cita masa kecil dan impiannya untuk menjadi pemain biola handal kelas dunia.

Pertunjukan berlangsung sekitar 1 jam dimana Fakhri memainkan lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan Ceko, Kde domov muj?, lagu-lagu Nusantara, Indonesia Pusaka, Lagu Minang, Czardas oleh Vittorio Monti, Thais Meditation oleh J. Massenet dan Victory oleh Bond. Di sela-sela pertunjukan biolanya, para penari dari Yayasan Kintari, yang aktif mempromosikan budaya Indonesia di Ceko sejak 2006, hadir menghibur penonton dengan tarian Telek dan Jauk dari Bali, dan Tarian Kayau dari Kalimantan.

Duta Besar RI Praha, DR. Aulia Aman Rachman, malam itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang membuat acara ini dapat terselenggara dengan sukses seperti Walikota Praha, Adriana Krnáčová, partner dari Staropramen, Yayasan Kintari dan sejumlah kalangan bisnis yang berkontribusi dalam acara ini. Diplomasi budaya merupakan bagian penting dalam diplomasi Indonesia di Ceko, dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap kerjasama bisnis dan ekonomi kedua negara.

Publik Ceko yang hadir antara lain terdiri dari kalangan pengusaha, perbankan, pejabat pemerintah Ceko, kalangan universitas dan diaspora Indonesia. Sejumlah Duta Besar asing juga tampak hadir pada acara tersebut. Kalangan pengusaha secara khusus menyampaikan pujian atas pertunjukan biola yang berkelas dan ingin mendukung kegiatan serupa dengan KBRI Praha di masa mendatang. Kalangan universitas juga menyampaikan membuka informasi yang seluas-luasnya kepada Fakhri kiranya akan menimba ilmu musik di universitas-universitas Ceko. Fakri, yang merupakan murid terakhir Almarhum Idris Sardi, menyampaikan memang bercita-cita untuk bersekolah musik di Eropa.

Acara ditutup dengan resepsi, dimana seluruh tamu undangan yang hadir menikmati makanan ringan khas Indonesia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar