Festival Film Cannes Ke-68: Larut Dalam “Filosofi Kopi” dan Lezatnya Rendang

Festival Film Cannes ke-68, berlangsung pada tanggal 13 – 24 Mei 2015, dan kali ini Delegasi Indonesia berpartisipasi dengan menampilkan beberapa film untuk berkompetisi. Film karya anak bangsa yang ditayangkan pada hari pertama adalah “Tabula Rasa” (event Cinéma des Antipodes, Cannes Cinéphiles, untuk kategori kompetisi Ecrans Senior), “Filosofi Kopi” (untuk Market Screening pada Pasar Film) serta ¨The Fox Exploits the Tiger's Might¨ (untuk kompetisi bergengsi La Semaine de La Critique). Pada tahun 1989 juri pada kompetisi kategori terakhir ini pernah menobatkan film Tjoet Nyak Dhien sebagai Best International Film.

Delegasi Indonesia juga tampil dengan booth ¨Indonesian Cinema¨. Booth ini merupakan tempat distribusi berbagai informasi mengenai perfilman, kebijakan dan perkembangan perfilman Indonesia; ajang transaksi/kesepakatan bisnis; dan promosi industri film Indonesia. Dalam dua hari pertama pelaku industri film dari Hongkong dan Perancis telah mengadakan pertemuan dengan Delegasi Indonesia. KJRI Marseille memanfaatkan pula festival ini untuk mempromosikan kuliner Indonesia melalui penyajian rendang pada cocktail party seusai kompetisi Ecrans Senior.

Film ¨Filosofi Kopi¨ telah memukau lebih kurang 40 orang calon buyers dan pengamat film pada event ¨Market Screening” pada tanggal 13 Mei 2015 pagi, serta melewati ujian ¨five-minutes screening¨ dimana calon buyers dan pengamat film biasanya hanya menonton pada durasi lima menit pertama apabila film dinilai tidak menarik. Hal ini karena untuk film ¨Filosofi Kopi, seluruh penonton tidak beranjak sampai akhir pemutaran film.

Duta Besar RI Paris menghadiri pembukaan/red carpet Festival Film Cannes tanggal 13 Mei 2015 malam. Seremoni pembukaan hari pertama merupakan ajang yang bergengsi,
dihadiri oleh bintang film dan pelaku industri film terkenal dari seluruh dunia, serta pejabat dan keluarga kerajaan.  Film perdana yang diputar pada pada malam pembukaan ini adalah La tête haute karya sutradara Emanuelle Bercot dan dibintangi oleh bintang kawakan Perancis, Catherine Deneuve.

Selain itu pada tanggal 14 Mei 2015, Duta Besar RI Paris juga memberikan sambutan sebelum penayangan film ¨Tabula Rasa¨ dihadapan 484 penonton dan juri, sementara sutradara Adriyanto Dewo memperkenalkan film tersebut. Para penonton juga sangat mengapresiasi upaya efektif Indonesia dalam mempromosikan kuliner Indonesia, sehingga dapat merasakan masakan Indonesia yang tervisualisasikan dalam ¨Tabula Rasa¨.

Tahun ini, Indonesia diwakili oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang diketuai oleh Kemala Atmodjo. Hadir pula Olga Lydia sebagai perwakilan artis, Angga Dwimas Sasongko (sutradara film Filosofi Kopi), Chicco Jerikho (aktor), Aghi Narottama Gumay (Videographer), John Badalu (Festival Director), Robby Ertanto (sutradara/pengurus BPI) serta perwakilan insan perfilman lainnya.

Keikutsertaan Delegasi Indonesia dari unsur pelaku perfilman pada rangkaian kegiatan Festival Film Cannes dipandang penting untuk memperluas jejaring serta sebagai wadah pembelajaran yang baik bagi insan perfilman Indonesia, dari aspek pengaturan dan penyelenggaraan Festival Film berskala internasional serta dari segi kualitas film yang ditayangkan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar