Komitmen Negara Lindungi Anak Indonesia Mendapat Dukungan PBB dan Norwegia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise menegaskan komitmen kuat Indonesia untuk melindungi hak anak dari segala bentuk tindak kekerasan.

Pernyataan tersebut diucapkan Menteri Yohana dalam sambutannya di hadapan seluruh peserta International Expert Consultation: Strengthening Communities to Secure Children’s Right to Freedom from Violence (IEC) yang dihadiri oleh 33 (tiga puluh tiga negara). 

IEC ini diselenggarakan pada tanggal 3-4 September 2015 di Honefoss, Norwegia, atas kerja sama Wakil Khusus Sekjen PBB untuk urusan Tindak Kekerasan Terhadap Anak, Marta Santos Pais dan organisasi Plan International, serta didukung oleh Kementerian Anak, Kesetaraan dan Integrasi Sosial (AKIS) dan Kementerian Luar Negeri Norwegia.

Menteri Yohana juga menyampaikan mengenai pentingnya masyarakat dan komunitas dalam upaya melindungi anak dari kekerasan.

“Pemerintah Indonesia berupaya untuk terus meningkatkan sistem perlindungan anak, baik itu dengan menyusun peraturan yang mendukung di tingkat nasional, maupun menyiapkan sistem pelayanan kesejahteraan dan kesehatan. Namun, kerja sama dan kesadaran masyarakat dan komunitas juga merupakan hal tak kalah penting,” lanjut Menteri Yohana.

Berbagai bentuk kerja sama antara pemerintah dan organisasi non-pemerintah telah dilakukan, salah satunya adalah 280 mekanisme perlindungan anak berbasis masyarakat (MPABM) yang dikembangkan oleh Plan Indonesia, yang mencakup 1 juta anak di 9 daerah. Saat ini Pemerintah Indonesia tengah menyusun kebijakan teknis agar setiap pemerintah daerah dapat mengembangkan MPABM.

Menteri Yohana berpendapat bahwa forum konsultasi internasional ini merupakan wadah yang bermanfaat untuk menjadi ajang pertukaran informasi dan pengalaman, serta diharapkan bahwa lesson learned juga hasil dari konsultasi ini akan memberikan kontribusi positif dalam upaya perlindungan anak dan hak-hak anak, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. 

Selama rangkaian kegiatan di Norwegia, Menteri Yohana didampingi oleh Duta Besar RI untuk Norwegia, Yuwono A. Putranto; Agustina Erni, Asisten Deputi Penanganan Kekerasan Terhadap Anak, Kemen PPPA; dan Edi Suharto, Direktur Kesejahteraan Sosial Anak, Kementerian Kesejahteraan Sosial.

Pada kesempatan kunjungan kerja di Norwegia, Menteri Yohana juga melakukan pertemuan dengan Menteri Anak, Kesetaraan dan Integrasi Sosial Norwegia, Solveig Horne dan Wakil Menteri Kai-Morten Terning, untuk membahas peluang kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua negara di bidang perlindungan anak.

Menteri Yohana juga melakukan kunjungan ke fasilitas rehabilitasi untuk anak dan keluarga yang mengalami trauma dan gangguan kesehatan mental, Modum Bad di Vikersund, sekitar 87 km dari Oslo, serta bertemu dengan organisasi-organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar