Kopi Indonesia Raih Australian International Coffee Awards pada MICE 2015

Setelah berhasil menyingkirkan 700 peserta dari berbagai negara, PT. Tanamera Kopi Indonesia berhasil merebut juara pertama pada ajang the Australian International Coffee Awards (AICA) 2015. Kompetisi bergengsi ini dilaksanakan sebagai ajang pembuka Melbourne International Expo (MICE) yang berlangsung di Melbourne.

“Keberhasilan ini merupakan bukti kemajuan industri kopi Indonesia, dengan cita rasa tinggi kualitas kopi terbaik,” demikian disampaikan Cliev Samuel, Direktur PT. Tanamera Kopi Indonesia yang saat ini berkantor pusat di Jakarta.

MICE merupakan ajang promosi industri kopi terbesar di Australia dan kawasan yang dimanfaatkan sebagai forum temu efektif para pelaku bisnis dalam global supply chain industri kopi, antara lain di bidang green bean traders, wholesale roasters, commercial and domestic equipment, cafes and franchises, accessories, logistics, juga ajang pendidikan dan pelatihan. Selama 3 hari kegiatan, tidak kurang dari 20,000 pengunjung meramaikan MICE dan memenuhi 128 stan industri kopi dari berbagai negara.

Melalui dukungan KJRI Melbourne, bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, Atase Perdagangan RI Canberra, dan ITPC Sydney, kali ini Partisipasi Indonesia diwakili oleh 4 industri kopi Indonesia yaitu Opal Coffee, Triple Pick Coffee, Saman Estate Coffee, dan PT. Tanamera Kopi, serta dan 1 perusahaan paper-cup yakni PT. Anugerah Paper-Cup. Selain keempat industri tersebut, stan Indonesia juga turut mempromosikan aneka produk, yakni Kopi Mandheling, Kopi Toraja, Kopi Kintamani Bali, Kopi Lampung, Kopi Luwak, Kopi Flores Bajawa, Kopi Takengan Longberry, Kopi Aceh Gayo, Kopi Luwak Sumatera, dan Kopi Arabika Lintong.

Keikutsertaan Indonesia pada promosi MICE sebagai upaya peningkatan ekspor Indonesia ke Australia telah memperlihatkan hasil yang positif, yaitu dengan adanya peningkatan sebesar 20%, dari A$20 juta tahun 2013 menjadi A$ 24 juta tahun 2014 (sumber ABS 2014). Nominal tersebut memposisikan Indonesia dalam peringkat delapan besar pengekspor kopi di Australia.

"Semoga sinergitas pemerintah dan swasta terus dimantapkan guna meningkatkan kualitas industri kopi tanah air, dengan lebih kompetitif dalam meraih pangsa pasar baik lokal maupun internasional," demikian aspirasi yang disampaikan para industri partisipan perwakilan Indonesia.

Australia sebagai salah satu negara dengan predikat budaya kopi terkuat di dunia menyambut produk kopi Indonesia dengan tangan terbuka. Peluang ini perlu dimanfaatkan secara lebih maksimal dengan strategi promosi yang tepat dan berkelanjutan. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar