Listrik Jadi Alternatif Bajaj Buatan Indonesia

Eksplorasi PT Juara Bike menghasilkan kendaraan bertenaga listrik merek Selis tidak hanya berhenti sampai di model sepeda motor. Produk lain yang sudah hadir namun terus dikembangkan adalah Balis sebagai alat transportasi umum.

Desain Balis seperti Bajaj, tapi kelebihannya bergerak menggunakan tenaga listrik. Balis sendiri merupakan akronim dari Bajaj Listrik. Di jalanan sudah beredar Bajaj yang sanggup meneguk gas alam terkompresi (CNG), Balis diharapkan bisa menjadi alternatifnya.

Sama seperti produk Selis di Indonesia, sebagian besar komponennya diklaim dibuat di dalam negeri kecuali baterai dan dinamo. Sumber tenaga Balis berasal dari baterai 72 Volt – 30 Ampere, bodinya bisa mengangkut hingga 500 kg atau berkapasitas 4-penumpan dengan kecepatan maksimal 50 kpj.

“Balis nanti bakal jadi angkutan umum, kita masih menunggu persetujuan pemerintah, kalau sudah tinggal beroperasi,” ungkap David Christian, Supervisor PT Juara Bike di stan Selis di Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Mekanisme di lapangan, Balis disewakan ke sopir. Biaya sewa per bulan sudah termasuk cicilan untuk kepemilikan Balis yang dijual Rp 60 juta.

Menggunakan baterai terisi penuh, Balis sanggup menempuh jarak 80 km. Sopir bisa mengunjungi SPBU untuk mengganti baterai agar bisa beroperasi lagi, biaya penggantian ini diperkirakan hanya Rp 2.500.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar