Mobnas Komodo Si Pemadam Kebakaran

Banyaknya kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk, khususnya Jakarta, menjadi salah satu tantangan. Ukuran mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang besar, menyulitkan proses pemadaman dan evakuasi. 

Melihat kondisi tersebut, produsen mobil nasional, Fin Komodo meluncurkan KD 250AT Damkar. Mobil buatan Cimahi, Jawa Barat ini dirancang khusus untuk memadamkan api di area pemukiman padat penduduk.

Ditemui dalam Indonesia Automotive Show di Jakarta, pekan lalu Marketing Coordinator PT. Fin Komodo Teknologi, Dewa Yuniardi mengatakan KD 250AT dapat memadamkan api saat kobaran baru terjadi. 

“Bukan ketika kobaran sudah sangar besar. Mobil ini dengan cepat menerobos ke dalam pemukiman penduduk. Mobil Damkar yang besar tidak bisa. Itu konsep kami,” ujarnya.

Mobil memiliki mesin 4 stroke 250 cc dengan daya maksimum momen puntir sebesar 17.6 Nm/ 5500 rpm dan daya kuda 14 hp/ 7500 rpm. 

Dengan rangka turbular, mobil yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia pada 2012 ini menggunakan starter elektrik.

Mobil memiliki kapasitas angkut sebesar 250 kg, Fin Komodo dilengkapi mesin transmisi CVT Otomatis (maju dan mundur). Kapasitas oli transmisi sebesar 1.2 L dan oli gear box sebesar 400cc SAE 40 W. Rem depan dan belakangnya menggunakan hidrolik cakram serta menggunakan sistem steering rack & pinion.

Berkapasitas dua penumpang, mobil ini dilengkapi dengan sejumlah alat pemadam kebakaran yang dibagi menjadi dua yaitu Fire Extinguisher dan Fire Safety Equipment.

Dalam fire extinguisher terdapat 
- AFF foam cartridge opeeated (Nitrogen) kapasitas 30 kg sebanyak satu unit
- ABC dry chemical powder cartridge operated kapasitas 6 kg sebanyak satu unit
- Karbon dioksida kapasitas 2 kg sebanyak satu unit

Sedangkan untuk peralatan Fire Safety pada Fin Komodo KD 240AT dilengkapi
- 2 set baju tahan panas (Nomex 3A 4.5 OZ warna merah)
- 2 pair sepatu kebakaran (Safety Boot Harvik Yelliw)
- 2 pair sarung tangan tahan panas (American Firewear Fireman's Gloves Model 7500)
- 2 ea helm tahan panas (Bullard Fire Helmet Style LTX)
- 2 ea masker (Half Face Masker 3M)

“Mobil nasional pemadam kebakaran ini kalau lengkap harganya Rp 300 jutaan, kalau tidak pakai baju safety, sepatu, sarung tangan dan lain-lain sekitar Rp 220,” ujarnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar