Pameran foto Spiritual Frontier Bawa Harmonisasi Agama di RI ke Slowakia

“Slowakia adalah negara mitra dialog lintas agama ke-25 Indonesia sejak Oktober 2014. Pameran foto “spiritual frontier” karya Buce Buwantoro adalah implementasi positif pencitraan kemajemukan yang harmonis dari kehidupan spiritual dan toleransi masyarakat di Indonesia, “kata Djumantoro Purbo, Duta Besar RI untuk Slowakia di pembukaan pameran foto Spiritual Frontier di Slowakia.

Pameran tersebut memamerkan 19 foto berlatar hitam-putih dengan tajuk upacara spiritual, ritual adat kepercayaan, kearifan lokal khususnya nilai gotong royong pedesaan yang berkembang di Indonesia karya Buce Buwantoro.

Atas karyanya tersebut, Buce Buwantoro telah menampilkan karyanya di Jakarta, Australia dan Brazil.

Dalam karirnya sebagai fotografer, telah melakukan pameran foto bertajuk pluralisme dan perdamaian di London, New York dan Melbourne.

Hadir dalam pembukaan pameran tersebut yaitu duta besar sejumlah negara sahabat di Slowakia, perwakilan Kementerian Luar Negeri Slowakia, sejumlah Mantan Duta Besar Slowakia untuk Indonesia dan jajarannya, KADIN, universitas dan komunitas seniman di Slowakia.

Foto adalah pencitraan yang berbicara, kedamaian yang terlihat dalam tajuk foto “spiritual frontier” diharapkan dapat membawa penikmat untuk merasakan keindahan pluralism yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, ucap Buce Buwantoro.

Pelaksanaan pameran “spiritual frontier” karya Buce Buwantoro merupakan implementasi kerjasama Dilaog Lintas Agama Indonesia – Slowakia sebagai mitra terbaru atau yang ke-25 untuk mempromosikan “harmony among civilizations”.

Pameran foto tersebut diarahkan untuk bersinergi positif terhadap upaya pencapaian visi soft diplomacy Indonesia. Sebagai negara berstatus islam moderat dan selalu mengedepankan the strength of dialogue, Indonesia telah dinilai dunia sebagai negara yang memiliki capaian dalam mempromosikan kehidupan harmonis di antara peradaban dunia.

Indonesia berperan aktif dalam menjembatani dan memprakarsai dialog lintas agama (interfaith dialogue) dan kerjasama lintas budaya (cross cuture), serta terbukti telah memiliki pengalaman (best practices) dalam kehidupan yang multikultural.

Duta Besar RI untuk Republik Slowakia, Djumantoro Purbo mengatakan: “Saya mengharapkan bahwa program sejenis mampu meningkatkan people to people contact serta dapat menumbuhkan juga menguatkan nilai persatuan negara-negara di dunia melalui diseminasi nilai-nilai toleransi dan saling menghargai kemajemukan.

Publikasi pembukaan pameran foto “spiritual frontier” dimuat sejumlah media ternama di Slowakia, diantaranya TASR, NewsSK, Teraz, dan lainnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar