Pelatihan Kerajinan Kerang di Negara-Negara MSG

​Sejak tanggal 22 Agustus hingga 12 September 2015, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan kerajinan kerang di tiga negara Melanesia Spearhead Group (MSG) yaitu Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Fiji. Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menlu RI, Retno Marsudi, ke negara-negara MSG pada Februari 2015 lalu.

Pemerintah Indonesia mengirimkan tenaga ahli kerajinan kerang binaan KKP yaitu Ibu Cici Sulasti, didampingi Asisten Tenaga Ahli dari KKP, Direktorat Kerja Sama Teknik-Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik dan BPSDM KKP.

Pelatihan kerang di Port Moresby, Papua Nugini dilaksanakan dari 22-28 Agustus 2015, di KBRI Indonesia diikuti oleh 80 orang dari PNG Women in Business (WIB) dan PNG Women’s Chamber of Commerce and Industry (WCII). Pelatihan yang dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon ini mengajarkan pembuatan bunga dari kerang dan seni merangkainya di dalam vas, aksesoris seperti bros, anting-anting gelang, kalung dan pengikat rambut.

Pelatihan di Kepulauan Solomon dilaksanakan dari 31 Agustus hingga 2 September 2015 di NPF Plaza, Honiara diikuti oleh 47 orang peserta dari Solomon Island Women in Business Association (SIWBA). Materi yang diberikan sama dengan di PNG yaitu pembuatan kerajinan bunga dan kerang, pembuatan aksesoris kerang. 

Sedang pelatihan di Fiji, dilaksanakan dari 8-12 September 2015, bertempat di Fiji Museum, Suva. Pelatihan di Fiji lebih bersifat pelatihan TOT. Pelatihan dibuka oleh Ketua Fiji Art Council diikuti oleh 25 orang dari wakil Kementerian Wanita, Kementerian Pemuda, Fiji Art Council, dan Fiji Museum. Materi pelatihan sama seperti yang diberikan di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon,namun ada penambahan membuat lampu hias kerang. Sebagai salah satu cara untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk kerajinan kerang yang dibuat oleh peserta, telah dilakukan kegiatan Mini Exhibition di Hotel Grand Pacific dan Mall MHCC yang dihadiri oleh Presiden Fiji dan Menteri Wanita Fiji.

Program bantuan peningkatan kapasitas kerajinan kerang ini mendapat tanggapan positif dari peserta maupun pemerintah, LSM, dan media massa setempat. TV FBC dan koran harian setempat meliput acara pelatihan. Mereka berharap agar Indonesia dapat terus memberikan bantuan secara berkelanjutan guna mempererat kerjasama antara Indonesia dan negara-negara MSG. Beberapa peserta, terutama yang bergerak di bisnis aksesoris, menyatakan minatnya untuk membeli mesin dan bahan tambahan dari Indonesia agar mampu membuat produk kerajinan kerang sebagai tambahan penghasilan keluarga (income generating). Disamping melakukan pelatihan, tim juga menyerahkan bantuan peralatan berupa bor untuk melengkapi bantuan mesin gurinda yang pernah diberikan Menteri Luar Negeri RI pada saat melakukan kunjungan kerja ke Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Fiji.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar