Peluang Kerja Sama Teknologi Roket dan Industri Penerbangan RI-Jepang

Duta Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, menyatakan menaruh harapan besar bahwa kerja sama Indonesia-Jepang di bidang pengembangan teknologi roket dan industri penerbangan dapat menjadi sebuah kenyataan.

"Indonesia memiliki PT DI dan juga LAPAN, sehingga kita memang mempunyai basis untuk bidang itu serta berpeluang untuk melakukan kerja sama di bidang tersebut," ujar Dubes Yusron usai berkunjung ke kota Nagoya, memenuhi undangan ke fasilitas pengembangan roket dan regional jet Mitsubishi Heavy Industries, Kamis (04/09).

"Justru karena Jepang tahu kita memiliki PT DI dan LAPAN–lah, atau dengan kata lain karena basis kita di kedua bidang itu tidak nol-lah, maka mereka mengirim undangan ke KBRI Tokyo berkunjung ke fasilitas industri itu," tambahnya.

Dalam pengembangan teknologi roket, Jepang termasuk negara dengan tingkat teknologi yang mumpuni. Roket dengan bahan bakar hidrogen cair dan oksigen cair yang ditinjau Yusron, adalah salah satu roket baru Jepang yang siap diluncurkan beberapa bulan mendatang.

Saat ini Jepang juga sedang mempersiapkan roket untuk mengirim pesawat ke bulan yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2020.

Mitsubishi Regional Jet, pesawat penumpang yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries, sedang bersiap dikirimkan ke Amerika Serikat untuk uji coba, sekaligus untuk memperoleh izin kelaikan terbang. Sekalipun izin tersebut belum di tangan, perusahaan tersebut kini telah menerima pesanan sekitar lima ratus buah pesawat. Seratus di antaranya adalah pesanan Amerika Serikat.

Melihat besarnya potensi yang ada dan juga mengingat fasilitas yang dimiliki Indonesia, di PT DI misalnya, Yusron menilai bahwa kerja sama RI-Jepang dalam bidang ini akan dapat membuat PT DI menggeliat kembali.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar