Peneliti Indonesia Raih Bionorica Phytoneering Award 2015 Peneliti Indonesia

Nama Indonesia turut diharumkan pada 24 Agustus 2015 oleh seorang peneliti Indonesia di Jerman, Angga Kusuma, PhD, yang telah menerima Bionorica Phytoneering Award 2015 di Budapest dalam rangka hasil penelitiannya bersama Dr. Eike Steinmann atas pigment curcumin (zat yang menmberikan warna kuning pada curry) yang dapat menghambat hepatitis C menginfeksi sel-sel lever. Kedua peneliti dari TWINCORE – Center for Experimental and Clinical Infection Research – menerima hadiah  uang senilai EUR10,000 dari penghargaan tersebut.  

Penghargaan diberikan pada acara dua tahunan the 63rd International Congress and Annual Meeting of the Society for Medicinal Plant and Natural Product Research” yang bekerjasama dengan Bionorica SE. Bionorica SE merupakan sebuah perusahaan Jermn di bidang phytopharmaceuticals yang memproduksi obat-obatan berbasis tumbuhan/tanaman. Bionorica memberikan perhatian khusus pada hasil penelitian luar biasa di bidang pengembangan dan aplikasi produk obat-obatan herbal.

Di seluruh dunia saat ini terdapat sekitar 160 juta orang yang terinfeksi HCV dan di Jerman sendiri terdapat sekitar 500.000 orang yang hidup dengan virus tersebut. HCV mentarget khusus sel-sel hati dan kerusakan hati akibat HCV merupakan indikasi perdana bagi transplantasi hati. Masa kritis yang juga penting adalah pasca transplantasi di mana hati yang baru akan terinfeksi kembali oleh virus yang masih tersimpan di darah. Pada kondisi tersebut, obat yang berbasis curcumin – dan nantinya juga kombinasi dengan teh hijau antiviral – dapat digunakan untuk memproteksi transplantasi hati. Jerman adalah konsumen terbesar di Eropa untuk bidang bahan alam seperti ekstrakt tumbuhan dan jamur.

Angga Kusuma, PhD merupakan lulusan Sekolah Farmasi ITB pada tahun 2006 dan kini telah menjadi ahli virologi setelah menyelesaikan program doktoral di Medizinische Hochschule Hannover, Jerman pada awal 2015.  Gelar master di bidang biotechnology diperolehnya dari Yonsei University, Korea Selatan.

KBRI Berlin selalu berupaya menghargai dan mendukung segala capaian Warga Negara Indonesia dan diaspora Indonesia di Jerman yang bermanfaat bagi kemajuan bersama. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar