Pengusaha Italia Antusias Menghadiri Indonesia Investment Day di Milan, Italia

Lebih dari 125 pengusaha Italia antusias menghadiri Indonesia Investment Day yang diselenggarakan oleh BKPM bekerjasama dengan KBRI Roma dan Italian Trade Agency pada tanggal 7 September 2015 di kota Milan. Indonesia Investment Day diselenggarakan dalam rangka penyelenggaraan Indonesian National Day pada World Expo Milano 2015.

Dengan mengusung tema Future Perspectives on Investing in Indonesia, acara Indonesia Investment Day dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang lengkap mengenai potensi investasi di Indonesia dengan menghadirkan berbagai nara sumber baik dari kalangan pebisnis maupun dari kalangan pemerintah, seperti Gubernur NTB-Muhammad Zainul Majdi; Dirjen Industri Logam, Mesin, Transportasi dan Elektroni, Kementerian perindustrian - I Gusti Putu Suryawiryawan; Anggota Komite Investasi BKPM/Pengusaha – Shinta Widjaja Kamdani. 

Hadir pula Direktur Hubungan Internasional Tenaris,  Mr. Valerio Mausser, yang memaparkan pengalaman perusahaan Italia tersebut berinvestasi di Indonesia.

Kepala BKPM, Menteri Perindustrian dan Dubes RI Roma telah menyampaikan sambutan yang intinya memberikan penjelasan mengenai besarnya peluang investasi di Indonesia serta mengajak para pengusaha Italia khususnya dan Eropa pada umumnya untuk memanfaatkan besarnya peluang berinvestasi tersebut.

Sementara itu dari pihak Italia hadir pejabat tinggi, Under Secretary Kementerian Luar Negeri Italia, Hon. Benedetto Della Vedova dan Presiden Italian Trade Agency (ITA), Mr. Riccardo Monti, dalam sambutannya mendorong upaya peningkatan kerjasama perekonomian kedua negara khususnya di bidang investasi dan infrastruktur. 

Dalam sesi diskusi panel yang dipandu oleh Direktur ITA Milan, telah dibahas berbagai aspek investasi di Indonesia secara komprehensif, dengan menghadirkan pembicara Gubernur NTB yg menjelaskan peluang dan profil investasi di NTB; Dirjen ILMATE membahas peluang investasi industri manufaktur; Komite Investasi BKPM memaparkan outlook Investasi di Indonesia; Penasehat Khusus Menteri Parekraf menjelaskan mengenai peluang investasi di bidang Pariwisata; serta beberapa pembicara lainnya. 

Antusiasme para peserta yang mencapai lebih dari 120 pengusaha berbagai sektor Italia terefleksikan dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan pada sesi tanya jawab. Disamping itu, Kepala BKPM dan pejabat BKPM terkait telah secara khusus melakukan one-on-one meeting dengan beberapa pengusaha yang potensial berinvestasi di Indonesia, diantaranya bidang infrastruktur, perkapalan maupun energi.

Beberapa perusahaan yang telah melakukan pertemuan dengan Kepala BKPM, seperti Cantiere Naavle Vittoria SpA di bidang perkapalan, Enel di bidang energy,  Astaldi Group di bidang konstruksi dan infrastruktur, dan Almaviva Group di bidang teknologi informasi telah menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia, bahkan beberapa sudah memiliki perwakilan di Indonesia.

Dalam kesempatan penyelenggaraan acara Indonesia Investment Day tersebut telah dilakukan pula penandatanganan MoU antara Kepala BKPM dan Presiden Italian Trade Agency (ITA) di bidang Kerja Sama Promosi Penanaman Modal. Penandatanganan MoU ini merupakan wujud komitmen kedua institusi yang menangani isu investasi untuk terus mendorong peningkatan kerjasama khususnya investasi di antara kedua negara. 

Dengan upaya promosi yang gencar dan terencana serta didukung keberadaan payung kerjasama MoU tersebut, diharapkan akan semakin mendorong arus masuknya Investasi khususnya dari Italia ke Indonesia yang sejauh ini perkembangannya cukup positif. Dimana pada tahun 2014 tercatat nilai investasi Italia di Indonesia mencapai USD  63 juta mengalami peningkatan 70% dibanding tahun sebelumnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar