Pesona "The Coral Triangle" di Jantung Teluk Tomini buat Diplomat Madya Bertekad Promosikan Kepulauan Togean

Berlatar belakang debur ombak dan semilir angin pantai, peserta Sekolah Staf Dinas Luar Negeri Angkatan ke-55 Kementerian Luar Negeri (Sesdilu-55) melakukan curah pendapat bersama pejabat Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una di Pulau Pangempa, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Pejabat Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una diwakili oleh Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perikanan dan Kemaritiman, dan Wakil Kepala Kepolisian Resor Tojo Una Una memberikan paparan dalam kegiatan tersebut. Pertemuan diselenggarakan guna memperoleh informasi terkini mengenai potensi ekonomi Kabupaten Tojo Una Una, khususnya potensi pariwisata, perdagangan, perikanan dan kemaritiman, yang akan menjadi modal para diplomat madya dalam mempromosikan Kabupaten Tojo Una Una kepada target pasar luar negeri.

“Kunjungan ke Kepulauan Togean juga bertujuan agar diplomat madya, selaku marketer Indonesia, memiliki kesempatan untuk melihat serta merasakan langsung keindahan dan kekayaan bahari Kepulauan Togean. Learning by experience akan membentuk tekad yang lebih kuat dalam mempromosikan Kepulauan Togean,” demikian disampaikan Dr. Nana Yuliana, Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan dibuka oleh Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum, yang menyambut baik kunjungan para peserta Sesdilu-55 ke Kabupaten Tojo Una Una, dan menyampaikan bahwa saat ini merupakan momentum tepat untuk mempromosikan kekayaan wisata bahari dan kelautan yang dimiliki, khususnya Kepulauan Togean, kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Kedepannya diharapkan kendala dalam hal keterbatasan sarana transportasi, air bersih dan pasokan listrik dapat segera diatasi sehingga semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Kepulauan Togean. Saat ini, wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke kepulauan Togean umumnya berasal dari wilayah Eropa.

Di sela-sela kunjungan, peserta Sesdilu-55 berkesempatan menikmati pesona “the coral triangle di Teluk Tomini,” julukan Kepulauan Togean, antara lain ber-snorkling di Pulau Papan, berenang di danau ubur-ubur, dan mengunjungi Taman Nasional Hutan Mangrove. Peserta Sesdilu-55 juga dimanjakan dengan kelezatan berbagai kuliner boga bahari, serta memperoleh cindera mata batu candel, batu akik khas Tojo Una Una, yang dipercaya memiliki khasiat sebagai antioksidan dan memperlancar aliran darah. Kunjungan ke Kepulauan Togean merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Sesdilu-55 ke Provinsi Sulawesi Tengah dalam menunjang kapasitas diplomasi ekonomi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar