​Tegal Optimis Menyongsong Masyarakat Asean 2015

Menyongsong Masyarakat ASEAN yang akan dimulai akhir tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Tegal optimis menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Demikian ungkap Bupati Tegal, Enthus Susmono, pada acara Sosialisasi Masyarakat ASEAN yang diadakan oleh Sekretariat Ditjen Kerja Sama ASEAN bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal pada 30 September 2015.

Enthus Susmono menambahkan, bahwa Tegal memiliki kemampuan untuk menjadi industri logam komponen kapal, batik, seni budaya yang unggul dan khas yang memiliki daya saing yang baik. Pemerintah Kabupaten Tegal bersama para pemangku kepentingan akan senantiasa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat menyongsong MEA sejalan dengan visi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri, Unggul, Berbudaya, Religius dan Sejahtera.

Sebagai narasumber pada acara sosialisasi tersebut antara lain Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN, Kementerian Luar Negeri; dan Marina Novina Anggraini, dari Direktorat Kerja Sama ASEAN, Kementerian Perdagangan. Dalam paparannya, kedua narasumber menekankan arti strategis ASEAN dan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Menurut keduanya, MEA akan menciptakan peluang dan tantangan bagi Indonesia yang harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Indonesia memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk berdaya secara mandiri dan ikut bersaing di kawasan.

Selain jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal, Sosialisasi Masyarakat ASEAN juga diikuti oleh pelaku usaha, dosen dan mahasiswa, serta disiarkan melalui radio Radar CBS dan Slawi FM.

Sementara Eva Arief, Pusat Studi ASEAN Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, sebagai narasumber sosialisasi di Universitas Panca Sakti Tegal, menyampaikan bahwa potensi ekonomi dan kreativitas masyarakat Tegal yang tinggi ditunjang dengan regulasi yang memadai dan pembinaan berkelanjutan akan mampu mewujudkan daya saing yang baik.

Rangkaian sosialisasi oleh Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman tentang Masyarakat ASEAN kepada masyarakat Kabupaten Tegal, tetapi juga mendorong Kabupaten Tegal untuk terus meningkatkan daya saing, perbaikan infrastruktur daerah dan pengembangan potensi ekonomi daerahnya, seperti industri logam, pertanian, batik, UMKM, dan industri kreatif lain. Diharapkan Kabupaten Tegal dapat mempersiapkan dan memberdayakan diri untuk memanfaatkan Masyarakat ASEAN.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar