Tim Ajuwara Raih 5 Penghargaan di Ajang Black Sea Festival Euro Folk 2015

Lewat penampilannya yang memukau, tim tari Ajuwara Makassar  meraih penghargaan First Award Golden Orpheus untuk kategori Ritual Dance Folklore di ajang XII Black Sea Festival Euro Folk 2015 yang berlangsung pada 2-5 September 2015 di Kiten, Bulgaria.

Penghargaan ini diraih setelah tim bersaing dengan 85 grup tari dari 6 negara lainnya, yaitu Bulgaria, Latvia, Polandia, Rusia, India, dan Austria.

Selain penghargaan First Award Golden Opheus, Ajuwara juga mendapatkan penghargaan Essential Contribution at Preserving and Developing of Traditional Folklore Art; Holder of the Honorary Sign of musical Feast Euro Folk; Discovery of the XII Black Sea Fest 2015; Laurete (the best performance).

Atas prestasi tersebut, penyelenggara mereferensikan tim untuk mengikuti World Championship of Folklore 2016 yang akan diadakan pada Agustus tahun depan di Nessebar Bulgaria.

Pada pidato penutupan festival 5 September malam, Presiden Festival, Kaloyan Nikolov, menyampaikan terima kasih kepada Dubes RI Lia Saptomo yang telah hadir dan mendukung penuh keikutsertaan tim tari Indonesia pada festival ini dan kepada tim yang telah bersedia hadir meskipun harus menempuh perjalanan panjang guna memperkenalkan tradisi dan budaya Sulawesi Selatan.

Keunikan tarian, musik, dan kostum tari grup Ajuwara dari Sulawesi Selatan, seperti sarung, baju bodo dan busana adat Toraja menarik perhatian para penonton festival tersebut, baik di panggung maupun di luar panggung.  Kaloyan bahkan menyebut tim sebagai “The Most Greatest Performance.”

Para penari yang sebagian besar adalah mahasiswa Universitas Hassanudin (Unhas) merasa gembira dapat berpartisipasi pada festival ini, karena baru pertama kalinya tim mengikuti kompetisi pada folklore festival dan dapat bertemu dengan tim tari lainnya dari berbagai negara.

Mereka senang tergabung dalam Lembaga Kesenian Ajuwara Sulawesi Selatan yang didirikan tahun 1995 oleh beberapa tokoh besar bidang kesenian di Sulawesi Selatan yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan, pelestarian budaya, pertunjukan dan pengembangan tari  khususnya seni tari dan musik tradisional Sulawesi Selatan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar