​Tim Ekspedisi dari UNJ Menjadi Orang Indonesia Pertama Jelajahi “Supercave” Terbesar di Dunia

Mengharumkan nama Indonesia banyak caranya, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melalui panjat tebing dan menjelajahi gua. Bukan sembarang gua, akan tetapi gua terbesar di dunia. Itulah yang dilakukan tim ekspedisi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Gua Gebihe, Taman Nasional Chuandong, Desa Getu, Kecamatan Anshun, Provinsi Guizhou pada Jumat lalu (28/8).

Berbekal pengalaman, mental yang kuat dan dukungan administratif dari KJRI Guangzhou, tim ekspedisi yang terdiri dari Putro, Irfan, Satrio, Ali dan Anang menjelajahi Gua Gebihe dan berhasil memasuki the Miao Room Chamber,  bagian terluas dari gua, yang volumenya mencapai 380,7 juta meter kubik atau yang terbesar (dalam hal volume) di dunia. Dengan demikian, tim ekspedisi menjadi kelompok orang Indonesia pertama yang berhasil menaklukkan gua yang dijuluki the supercave oleh the National Geographic.

Dalam pertemuan tim ekspedisi dengan Konjen RI Kamis lalu (3/9) di Wisma Konjen, beliau menyampaikan penghargaan dan rasa bangganya terhadap prestasi mahasiswa UNJ yang sudah mengharumkan nama Indonesia di luar negeri. Konjen RI juga berpesan agar kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dengan membuat jejaring yang lebih luas dengan mitra/kelompok sejenis di luar negeri sehingga dapat meningkatkan ilmu dan pengalaman serta tentu saja memperkenalkan Indonesia di depan masyarakat asing. Konjen RI juga mengharapkan agar hobi ini dalam setiap langkahnya dapat membawa kebahagiaan dan manfaat bagi orang lain, mulai dari lingkungan terkecil, seperti keluarga, sampai ke lingkaran terbesar, yaitu negara.

Dalam kesempatan ini Konjen RI juga 'meresmikan' gelar kesarjanaan Putro, salah satu anggota tim ekspedisi, yang rela melewatkan acara wisudanya demi menaklukkan gua terbesar di dunia. Bersama teman-temannya yang memiliki motto take nothing but pictures, leave nothing but footprints and kill nothing but time. Indonesia, sekali lagi, dibuat bangga.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar