Duta Besar Negara Sahabat Ikuti Diplomatic Tour Hari Pangan Sedunia ke-35 di Palembang

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tuan rumah perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 yang acara puncaknya diselenggarakan pada 17 Oktober 2015. Sebagai rangkaian dari acara tersebut, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Pemerintah Provinsi Sumsel menyelenggarakan diplomatic tour.

Sebanyak 19 perwakilan dari kedutaan besar, 11 di antaranya Duta Besar dan organisasi internasional, mengikuti rangkaian kegiatan diplomatic tour (15-17/10). Negara peserta antara lain Kazakhstan, Slowakia, Iran, Pakistan, Algeria, India, Meksiko, Bangladesh, Yordania, Viet Nam, Irlandia, Argentina, Laos, Armenia, Kolombia, Belarus, dan Jepang. Organisasi internasional yang hadir antara lain Food and Agriculture Organization (FAO) dan United Nations Information Centre (UNIC).

Diplomatic Tour bertujuan untuk memperkenalkan kepada perwakilan kedutaan besar dan organisasi internasional mengenai peluang kerja sama yang saling menguntungkan di bidang ekonomi dan sosial budaya secara riil di Sumatera Selatan, serta menjadi salah satu instrumen diplomasi di bidang ekonomi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong dan mempercepat realisasi kerja sama ekonomi serta investasi ke daerah dan membuka network antara pemerintah daerah dengan para Duta Besar negara sahabat.

Rangkaian kegiatan Diplomatic Tour HPS ke-35 antara lain mengunjungi Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Sembawa, Rumah Limas khas Sumatera Selatan di Museum Balaputera Dewa, melihat demo memasak pempek dan menanam pohon di Bukit Siguntang, berbelanja songket dan kain jumputan di Zaenal Songket, serta menghadiri Upacara Pembukaan HPS ke-35 yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Para Duta Besar negara sahabat juga berkesempatan bertemu dengan Bapak Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI pada Pameran Gelar Teknologi Pertanian di Jakabaring Sport City, serta makan malam bersama dengan Bapak Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan dan Bapak Harnojoyo, Walikota Palembang. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar