Indonesia Dorong Kerja Sama Pendidikan ASEAN Plus Three Agar Lebih Bermanfaat Bagi Masyarakat

“Tindak lanjut laporan East Asia Vision Group II (EAVG II) memiliki peran penting guna meninjau dan mengevaluasi kerja sama ASEAN Plus Three (APT) serta arah ke depannya agar action plan dari rekomendasi yang terkait dunia pendidikan, dapat membawa manfaat konkrit bagi masyarakat negara APT, khususnya Indonesia” demikian disampaikan oleh I Gusti Agung Wesaka Puja, Dirjen Kerja Sama ASEAN, Kemlu, selaku Ketua SOM ASEAN-Indonesia pada Pertemuan ASEAN Plus Three Preparatory Senior Officials’ Meeting (APT Prep-SOM) di Kuala Lumpur, Malaysia (09/10). Pertemuan APT Prep-SOM dihadiri oleh Pejabat Senior dari seluruh negara ASEAN dan tiga negara mitra wicara yaitu RRT, Jepang dan Korea Selatan.

Perkembangan tindak lanjut dari laporan EAVG II yang di dalamnya memuat 25 rekomendasi untuk arah kerja sama masa depan APT ditetapkan pada KTT ke-17 APT bulan November 2014. Dalam kaitan itu, Indonesia merupakan lead country pada 3 selected recommendations dimana satu terkait isu non-traditional security dan dua pada pendidikan. Rekomendasi tersebut antara lain terkait isu non-traditional security, peningkatan kerjasama antar universitas dan pengembangan pusat studi Asia Timur. Indonesia memandang kemakmuran sulit tercapai tanpa adanya keamanan, dan sumber daya manusia tidak akan berkualitas tanpa pendidikan yang baik.

Selain membahas tindak lanjut East Asia Vision Group II Report (EAVG II Report), Pertemuan APT Prep-SOM juga mendengarkan briefing Ketua Network of East Asia Think-tanks (NEAT) tahun 2015, Dr. Evi Fitriani dari Pusat Studi ASEAN Universitas Indonesia sebagai Country Coordinator NEAT-Indonesia yang menyampaikan informasi terkait Memorandum NEAT yang akan menjadi outcome document dalam KTT Ke-18 APT pada bulan November 2015 mendatang serta kegiatan/pertemuan NEAT sepanjang tahun 2015 dan rekomendasi NEAT kepada APT SOM. 

East Asia Vision Group II (EAVG II) didirikan pada Oktober 2011 dengan tujuan untuk mengkaji kerjasama APT semenjak proses APT dimulai pada tahun 1997. Visi EAVG II adalah mewujudkan East Asia Economic Community pada tahun 2020. Meski demikian, visi EAVG II tidak terbatas pada pembentukan East Asia Economic Community, namun juga menekankan pentingnya untuk mendorong kerja sama dalam bidang politik-keamanan dan sosial-budaya. EAVG II menyadari juga pentingnya kerja sama lintas sektor. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar