Indonesia-France Business Meeting: Perjalanan Ciptakan “Little Bandung” di Paris

Walikota Bandung Ridwan Kamil telah memaparkan berbagai potensi Bandung dalam pertemuan Indonesia-France Business Meeting di Paris tanggal 28 September 2015 Pertemuan yang diselenggarakan oleh KBRI Paris bekerjasama dengan Chambre de Commerce et d'industrie (CCI) Paris Ile-de-France dan Indonesia-France Chamber of Commerce and Industry (IFCCI) serta didukung oleh KJRI Marseille dan ITPC Lyon.

Dalam paparannya, Walikota Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Bandung telah mencapai 8,5% dan hal tersebut tercermin dari tingginya perputaran atau transaksi ekonomi yang terjadi di Kota Bandung. "Sampai bulan Mei 2015 ini, sudah terdapat Rp 57,8 triliun transaksi ekonomi". Untuk itu, Walikota Ridwan Kamil mengajak para pengusaha Prancis untuk hadir dan melebarkan sayapnya Bandung.

Pertemuan Business Meeting yang dibuka oleh Duta Besar RI Paris Dr. Hotmangaradja Pandjaitan dan Director of International Business Development CCI Paris Region Rémy Arthus telah dihadiri serta diikuti oleh sekitar 20 wakil perusahaan/asosiasi/pelaku bisnis dari Indonesia (a.l PT Astra International, PT Wika, PT Kris Line, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia/AEKI, PT Wahyu Perdana Binamulia, PT Sanyu, PT Agung Bumi Agro) dan lebih dari 40 wakil perusahaan/pelaku bisnis dari Prancis yang mewakili berbagai sektor a.l seperti energi terbarukan, telekomunikasi, tekstil, retail, otomotif, manufaktur, dan sebagainya.

Pertemuan juga menghadirkan pembicara yakni Staf Ahli Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kementerian Perindustrian, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan BKPM (IIPC) di London yang masing-masing menyampaikan profil ekonomi-industri Indonesia dan potensi investasi yang dapat digarap oleh perusahaan Prancis di Indonesia. 

Dalam pertemuan juga disampaikan testimonial positif Doing Business in Indonesia yang diwakili oleh salah satu Direktur perusahaan ban mobil terbesar Prancis Michelin, Antoine Sauttenet. Dalam presentasinya wakil perusahaan Michelin menjelaskan besarnya potensi ekonomi dan business attractiveness Indonesia khususnya dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, kelas menengah yang berkembang pesat dan besarnya potensi tenaga kerja.

Sementara Direktur IFFCI Cynthia Kemalawati memaparkan profil dan peran lembaga IFCCI dalam membangun dan mengembangkan kemitraan bisnis kedua negara.  Pertemuan ini diakhiri dengan B-to-B meeting antara pengusaha Indonesia dengan pengusaha Prancis dimana tercatat sejumlah kesepakatan dan potensi bisnis yang akan ditindaklanjuti.

Dalam kesempatan terpisah, pada tanggal 29 September 2015  Walikota Ridwan Kamil juga telah menghadiri dan menyampaikan paparan mengenai potensi kota Bandung dalam pertemuan Mouvement des entreprises de France (MEDEF) Business Meeting on Sustainable Cities yang diselenggarakan oleh MEDEF – Task Force on Sustainable Cities yang dihadiri oleh 21 pengusaha Prancis dan bergerak a.l di bidang infrastruktur transportasi, sanitasi, pengolahan sampah, pengolahan air bersih, energi terbarukan dan pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kehadiran Walikota Bandung Ridwan Kamil semakin memperjelas profil dan potensi ekonomi kota Bandung termasuk berbagai proyek potensial yang dimininati para calon investor Prancis.

Dalam pertemuan one-on-one meeting dengan Walikota Ridwan Kamil, sejumlah perusahaan Prancis telah menyampaikan niat dan komitmen mereka untuk melakukan kerja sama dalam rangka pengembangan infrastruktur perkotaan kota Bandung secara berkelanjutan. Salah satu kesepakatan yang akan ditindaklanjuti adalah pembangunan konsep eco-district di kawasan Taman Sari-Cikapundung dengan bantuan dari pemerintah Prancis  dimana pada tahun 2014 kota Bandung berhasil memenangkan sayembara Eco-District dan l mengungguli sejumlah kota lainnya di Indonesia. Selain bertemu dengan wakil dari Kementerian Ekologi, Pembangunan Berkelanjutan dan Energi Prancis,  selama kunjungan Walikota Ridwan Kamil juga meninjau dan menjajaki beberapa lokasi potensial untuk menghadirkan "Little Bandung" di Paris dengan bekerjasama dengan sejumlah Restaurant Indonesia di Paris. Ide menghadirkan "Little Bandung" di Paris dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan potensi ekonomi dan budaya  kota Bandung dan juga daerah Jawa Barat di Paris dengan men-display dan menjual berbagai produk unggulan yang dimiliki kota Bandung.

Selain menghadiri acara kegiatan Business Meeting, Walikota Ridwan Kamil berkesempatan menghadiri acara Festival Couleur d'Indonésie, acara Resepsi Diplomatik HUT ke-70 Kemerdekaan RI  di Pavillon Dauphine Paris dan acara pemutaran Film "Filosofi Kopi” dan temu masyarakat diaspora Indonesia/PPI Paris di Pusat Kebudayaan dan Bahasa Oriental Prancis.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar