Indonesia Kukuhkan Konhor di Guadalajara, Dubes RI Ingin Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Pendidikan

Guadalajara perlu memanfaatkan pembangunan Indonesia saat ini di bawah pemerintahan baru Presiden Joko Widodo. Demikian dikatakan Dubes RI pada saat pengukuhan Konhor RI di Guadalajara, negara bagian Jalisco, Miguel Angel Lares Rojas, di Guadalajara.

Selain untuk mengkoordinasikan tujuan dan fungsi Konhor RI baru, kunjungan kerja ke Guadalajara juga dimanfaatkan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang ekonomi dengan para pelaku bisnis, kerja sama sister city dengan Kotamadya Zapopan (salah satu kotamadya di Guadalajara), dan lembaga pendidikan tinggi setempat.

Dalam berbagai pertemuan dengan pejabat setempat serta pengusaha, Duta Besar RI menyampaikan perkembangan politik terkini di Indonesia yang dilandasi oleh agenda Nawacita, dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing melalui pengembangan infrastruktur dan iklim bisnis dan investasi yang kondusif.

Duta Besar RI juga menyampaikan bahwa dengan berbagai keunggulan Indonesia antara lain dengan target tingkat pertumbuhan ekonomi selama 5 tahun ke depan berkisar 7%, pasar domestik yang besar, kondisi politik yang relatif stabil, berbagai kemudahan dalam berinvestasi yang ditawarkan oleh Pemri seperti tax holiday, kemudahan perijinan serta Komunitas ASEAN yang akan mempermudah pergerakan barang, orang dan jasa, kiranya Meksiko dapat memanfaatkan peluang ekonomi tersebut.

Umumnya para pengusaha tertarik akan profil ekonomi serta pasar Indonesia yang cukup menjanjikan tersebut dan tertarik untuk mengikuti Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Dalam kesempatan kunjungan ke Guadalajara tersebut, Duta Besar RI melakukan pertemuan dengan Universitas Guadalajara (Universidad de Guadalajara) yang bukan saja memiliki fokus di bidang akademisi, namun telah memiliki program pembangunan infrasturktur di bidang kebudayaan termaju di Meksiko, dengan mensinergikan budaya urban yang menyatu dengan seni dan ekonomi, misalnya melalui tempat pertunjukan budaya dan konser, memindahkan konsep hijau rural ke dalam lingkungan kampus.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang pendidikan seperti pertukaran mahasiswa, pengembangan kampus sehingga menjadi lembaga yang berpenghasilan mandiri.

Konhor Lares merupakan Konhor pertama Indonesia di Guadalajara sejak dibukanya hubungan diplomatik RI dengan Meksiko pada tahun 1953, dan merupakan satu dari kedua Konhor yang dimiliki Pemerintah Indonesia di Meksiko, selain yang berada di Monterrey.

Negara bagian Jalisco adalah salah satu negara bagian terbesar dari 31 negara bagian dan 1 distrik federal yang ada di Meksiko. Negara bagian yang beribukotakan Guadalajara, jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa dan penghasil tequila ini merupakan salah satu pusat bisnis di Meksiko, terutama yang terkait dengan teknologi komunikasi, sepatu, tekstil dan makanan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar