International Conference on Melanesian World Lahirkan Kupang Message

Melanesian Culture Festival di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berakhir hari ini (29/10). Rangkaian festival terdiri dari berbagai kegiatan antara lain pemutaran film tentang ras Melanesia, launching buku Diaspora Melanesia di Nusantara, parade busana tradisional, pameran, pentas tari-tarian, city tour, kunjungan ke pusat produksi tenun ikat, serta konferensi budaya Melanesia.

Konferensi budaya Melanesia yang melibatkan pembicara dari berbagai kalangan seperti akademisi dan pemerhati budaya ini menghasilkan satu outcome document yakni Kupang Message on Melanesian Culture Partnership. Kupang Message ini memuat pentingnya penyelenggaraan festival budaya Melanesia, yakni untuk memperkuat rasa persaudaraan antarmasyarakat yang tergabung dalam ras Melanesia.

Selain persaudaraan di rumpun Melanesia, Kupang Message juga berisikan komitmen negara-negara rumpun Melanesia dalam mempererat kerja sama dan terus memelihara nilai dan budaya tradisional serta rasa solidaritas, kemakmuran, dan kemanusiaan. Oleh karena itu, pendekatan dan kerja sama budaya diharapkan dapat menjadi elemen kunci yang dapat mendukung tercapainya tujuan bersama ini.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, menutup Festival Budaya Melanesia di Aula El Tari Kupang. Pada kesempatan ini, para delegasi dan peserta mengutarakan keinginan untuk dapat kembali berpartisipasi pada Festival Budaya Melanesia berikutnya di daerah/negara rumpun Melanesia yang disepakati.

Sebagaimana diketahui, Kupang telah dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Budaya Melanesia. Festival berlangsung selama kurang lebih lima hari, terhitung tanggal 26 - 30 Oktober 2015. Perhelatan ini dihadiri oleh delegasi dan peserta dari Fiji, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Timor Leste, serta delegasi dari 5 (lima) provinsi di Indonesia dengan latar belakang budaya Melanesia. 

Sumber : http://www.kemlu.go.id/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar