Kerja Sama Agen Perjalanan Indonesia-Polandia Dukung Upaya Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Guna mendorong lebih banyak wisatawan dari kawasan Eropa Tengah dan Timur, termasuk Nordik dan Skandinavia, KBRI Warsawa bekerja sama dengan Direktorat Eropa Tengah dan Timur, Kementerian Luar Negeri, menginisiasi kegiatan Familiarization Trip (yang lebih sering disingkat dengan FAMTRIP) bagi para tour operator/agen perjalanan dari kawasan ke Indonesia, 5-15 Oktober 2015.

Sebagai "Kick-off" kegiatan Famtrip, Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F. Gontha, menerima secara resmi para delegasi di 101 Sedayu Darmawangsa Hotel, Jakarta (06/10), sekaligus membuka secara resmi kegiatan business meeting yang mempertemukan delegasi dengan mitra tour operator Indonesia.

Dubes Gontha menyampaikan bahwa berbagai upaya dilakukan Indonesia untuk menarik para wisatawan mancanegara ke Indonesia karena Indonesia merupakan negara dengan beragam budaya, objek pariwisata, dan budaya kuliner yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Keberagaman di Indonesia merupakan salah satu daya tarik yang selama ini diperoleh oleh para wisatawan secara terbatas karena keterbatasan informasi atau informasi yang salah.

Kunjungan operator ini memiliki dimensi informasi dan juga dimensi networking yang bisa dikembangkan oleh para mitra di Indonesia. Pertemuan juga diisi dengan paparan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Propinsi DKI Jakarta, Direktur Utama Citylink, dan Ketua ASITA DKI Jakarta. Untuk mendukung target peningkatan jumlah wisatawan dari kawasan Eropa Tengah dan Timur, Dubes Gontha juga menyebutkan rencana realisasi penerbangan langsung Garuda dari Warsawa ke Indonesia, yang diharapkan akan terealisasi pada tahun 2016.

Berdasarkan data statistik dari Kementerian Pariwisata RI, jumlah wisatawan Polandia ke Indonesia pada tahun 2014 tercatat sebanyak 16,832 orang atau mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, 15.637 orang (2013) dan 13.440 orang (2012). Sebagai perbandingan, warga negara Polandia yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya berkisar antara 20-30 ribu. Dengan berbagai kegiatan promosi dan rencana pembukaan jalur penerbangan Garuda dari Warsawa ke Indonesia, jumlah wisatawan asal Polandia yang berkunjung ke Indonesia, diharapkan akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

Selama di Indonesia, para tour operator yang berasal dari Polandia (6 orang), Estonia (1) dan Finlandia (1) ini akan mengadakan pertemuan dengan para tour operator utama di Indonesia, antara lain: Panorama, Pacto, Marintour, Bayu Buana, TIS, dll, pertemuan dan kunjungan ke beberapa pengelola hotel di Jakarta, Denpasar dan Raja Ampat, audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta serta mengunjungi beberapa objek pariwisata di Indonesia. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Garuda Indonesia, City Link, Panorama Tour, ASITA, Pemda DKI, dan Pemda Raja Ampat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar