BPD Bersiap Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Bank Pembangunan Daerah (BPD) memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan daerah khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). MEA sendiri merupakan momentum bagi perbankan untuk mempercepat peningkatan daya saing dengan peluang dan tantangan yang harus dihadapi.

Lintasarta sebagai ICT (Information & Communication Technology) Total Solution Company yang telah melayani industri perbankan selama dua dekade menyadari betul peran strategis dan tantangan dari BPD. Atas dasar tersebut, Lintasarta mengundang para BPD untuk mengikuti acara Lintasarta BPD Business Update 2015 di Bandung.

Acara yang digelar selama tiga hari, tepatnya pada 18 – 20 November lalu itu membahas kebutuhan dan tantangan BPD. Selain itu Lintasarta BPD Business Update juga menyajikan solusi ICT yang dapat mendukung peningkatan kualitas layanan serta jaringan perbankan.

Arya Damar selaku President Director Lintasarta mengatakan, era MEA sudah di depan mata dan harus dihadapi. Lintasarta sangat menyadari hal ini dan berkomitmen untuk bekerjasama dengan BPD meningkatkan daya saing serta kualitas layanan perbankan.

"Dalam menghadapi MEA, perbankan Indonesia harus memiliki daya saing yang komparatif dan tidak mudah ditiru oleh para kompetitor sehingga menghasilkan kinerja terbaik dan berkesinambungan," ujar Arya pada acara Lintasarta BPD Business Update, Rabu (18/11) lalu di Bandung.

Menurut Arya, para pemain di sektor perbankan perlu mengelaborasi seluruh kompetensi yang dimilikinya, melihat kesempatan serta ancaman. Ia menambahkan, peran perbankan dalam menciptakan produk dan jasa yang berdaya saing menjadi sangat vital dalam menghadapi era MEA.

Arya yang sebelumnya pernah memimpin Artajasa itu mengatakan, peran ICT sangat penting untuk meningkatkan pelayanan dan produk perbankan hingga menjadi semakin unggul. Dengan demikian diharapkan tercipta potensi bisnis baru dan pemerataan pembangunan hingga ke daerah pelosok.

Arya menambahkan, ICT akan membantu mengakselarasi setiap titik proses kegiatan BPD. Mulai dari produk consumer banking, small & medium business hingga commercial banking. Solusi ICT Lintasarta dan Group sudah dikembangkan di beberapa BPD. Di antaranya: inbound & outbound call, remittance, managed service internet banking, wifi marketing dan monitoring aktifitas penjualan (sales force).

Tidak hanya akselerasi dari sisi produk perbankan, solusi ICT Lintasarta juga memiliki peran penting dalam penyelenggaraan aktivitas perbankan. Mulai dari kantor pusat, kantor cabang, ATM, kantor cabang pembantu hingga agen branchless banking.

Berbagai layanan yang dimiliki Lintasarta meliputi: koneksi antar cabang, koneksi internet, supporting tools untuk aktifitas branchless banking, solusi ATM, layanan mobil kas, komunikasi antar kantor, pengelolaan hardware, pengelolaan software, pengelolaan sistem jaringan, pengelolaan data storage & back up dan teknisi IT di kantor cabang perbankan.

Sumber : http://news.detik.com/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar