India dan Indonesia Sepakat Kerjasama Bidang Kebudayaan

Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah India telah sepakat meningkatkan kerjasama di bidang kebudayaan.

Komitmen tersebut dikukuhkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman, yang ditandatangani di kantor Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2015).

MoU tersebut ditandatangani antara Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dasar dan Kebudayaan, Kacung Marijan, dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh. Penandatangani itu disaksikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dengan Wakil Presiden India, Hamid Ansari.

Komitmen tersebut bertujuan untuk menciptakan skema kerja legal, untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang budaya, termasuk perfilman, seni pertunjukan. Selain itu MoU tersebut juga mendorong kerjasama di bidang arkeologi, konservasi benda cagar budaya hingga penelitian gabungan soal budaya.

Hamid Ansari dalam sambutannya mengatakan kerjasama di bidang kebudayaan antara India dan Indonesia sudah berlangsung sejak lama. Ia juga menyampaikan apresiasinya, terkait acara yang menampilkan kebudayaan India, yang digelar di Indonesia.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Indonesia, atas dukungannya di acara sahabat India," ujarnya.

Jusuf Kalla dalam kesempatan yang sama menambahkan selama selama ini hubungan kerjasama antara India dan Indonesia selalu berjalan dengan baik. Selain bidang kebudayaan, masih banyak yang bisa dikembangkan dari hubungan baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah India.

"Perdaganan Indonesia dan India mendekati 20 miliar dollar AS (Amerika Serikat) per tahun, dan itu kita punya kesempatan untuk meningkatkannya," tandasnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar