Rizal Ramli Sebut Ekonomi Membaik Setelah Jokowi Reshuffle Kabinet

Menteri Koordonator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengklaim salah satu penyebab ekonomi Indonesia mulai membaik di kuartal ketiga tahun ini adalah dampak positif pergantian kabinet atau reshuffle.

"Kabinet 9 bulan pertama Pak Jokowi, yang ditunjuk 2-3 menteri yang langsung dari Presiden. Sisanya merupakan usulan tokoh-tokoh politik di Indonesia yang visinya masih simpang siur, dan kompetensinya KW 2 atau KW 3," ungkap Rizal dalam paparannya di acara Core Economic Outlook 2016 di Hotel JW Luansa, Kuningan, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Rizal melanjutkan, argumennya tersebut bukan tanpa dasar. Menurutnya, angin segar perbaikan ekonomi mulai terasa sejak Agustus pasca Jokowi merombak kabinetnya.

"Pada Agustus, Jokowi melakukan resfhuffle pertama. Dia pilih orang-orangnya sendiri dalam bidang politik, keamanan, ekonomi. Bapak-Ibu bisa lihat harapannya tadinya ekonomi merosot, saat orang sudah kehilangan harapan sekarang berbalik jadi ekspektasi positif," papar Rizal.

Di sektor riil, kebijakan Jokowi pun mulai dirasakan secara langsung seperti kestabilan rupiah dan penjualan ritel di kuartal III tahun 2015.

"Dan penjualan ritel yang sempat drop 30%, kemudian rupiah melemah, pertumbuhan ekonomi menurun. Tapi selama 3 bulan terakhir, ekspektasi mulai positif, ekonomi anjlok sudah mulai naik 0,1-0,2%, rupiah juga relatif lebih stabil," ungkap mantan Menteri Koordinator Ekonomi era Gusdur ini.

Bahkan, sambung Rizal, pertumbuhan ekonomi masih bisa melesat lebih cepat jika presiden kembali melakukan bongkar pasang kabinetnya.

"Ini mungkin loh yah. Mungkin sebelum akhir tahun ada reshuffle jilid II, Jokowi akan lebih menentukan menteri politik dan ekonomi, dari situ kemudian tren balik arah akan berlanjut lebih kuat pada 2016," pungkasnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar