Saat Dokter Donasikan Koleksi Foto Indahnya untuk Pasien HIV

Dalam rangka Hari AIDS (Acquired Imuno Deficiency Syndrome) Sedunia, para dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menggelar acara pameran foto. Pameran bertujuan mengumpulkan dana yang nantinya akan dikucurkan pada upaya pengobatan pasien.

Dokter-dokter dengan hobi fotografi mendonasikan hasil penjualan foto. Sebanyak 100 foto pemandangan akan dipajang mulai Senin (30/11/2015) hingga seminggu ke depan di koridor-koridor rumah sakit. Bagi yang berminat pajangan foto dapat dibeli dengan harga Rp 500 ribu per buah.

"Sudah ada yang berminat untuk membeli foto yang ada di sini. Total yang masuk pagi ini ada Rp 20 juta yang akan kita sumbangkan kepada pasien dengan AIDS dan kanker," ujar Profesor dr Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, FINASIM, selaku penggagas acara di RSCM, Jakarta, Senin.

Rencananya dari dana yang telah terkumpul akan disalurkan dalam berbagai macam bentuk. Kepala Unit Pelayanan Terpadu HIV RSCM dr Teguh Karyadi, SpPD, KAI, mengatakan salah satunya adalah bantuan uang tunai untuk membekali pasien agar mereka rajin berobat.

Infeksi HIV (Human Imunodeficiency Virus) adalah penyakit seumur hidup sehingga pasien harus rutin kontrol. Oleh karena itu menurut dr Karyadi beberapa pasien mungkin karena malas, sehingga putus obat alias tidak melanjutkan pengobatan.

"Kita inginnya tingkat kepatuhan berobat pasien tinggi. Meski obat ARV (anti retroviral) gratis tapi masalah pasien kan enggak cuma penyakitnya saja, kadang mereka juga enggak ada ongkos buat berobat. Nah itu bisa kita kasih uang perbulan buat transportasi misalnya," kata dr Karyadi kepada detikHealth ketika ditemui pada acara yang sama.

"Kita harus menekan sebisa mungkin kemalasan ini," pungkasnya.

Sumber : http://health.detik.com/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar