503 Kepsek Raih Penghargaan dari Presiden

Sebanyak 503‎ kepala sekolah dari sekolah-sekolah dengan indeks integritas UN terbaik se-Indonesia dianugerahi penghargaan oleh Presiden Joko Widodo. 

Ke-503 kepsek tersebut berasal dari 24 provinsi, sehingga ada 10 provinsi yang tidak masuk dalam peringkat indeks integritas UN tertinggi

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, penghargaan ini merupakan reward bagi sekolah-sekolah yang menjaga integritasnya selama pelaksanaan UN.

"Kehadiran 503 kepala sekolah di Istana kemarin (21/12) yang menerima penghargaan langsung dari Presiden, menjadi salah satu bukti bahwa masih banyak sekolah yang memiliki integritas. Penilaian indeks integritas UN ini juga merupakan salah satu komponen penerjemahan revolusi mental yang menekankan prestasi tidak hanya prestasi akademik, tetapi juga prestasi kejujuran," papar Mendikbud, Selasa (22/12).

Dijelaskannya, sebenarnya yan
g diambil adalah kepala sekolah yang sekolahnya mendapat peringkat 500 teratas indeks integritas UN se-Indonesia. Namun dalam penilaian, ada tiga sekolah memiliki indeks integritas yang sama, sehingga total penerima penghargaan kepala sekolah dengan indeks integritas UN terbaik berjumlah 503.

"Sebanyak 218 SMP dan MTs dengan indeks integritas 92-99. Lalu 150 SMA/MA dengan indeks integritas 92-99, dan 135 SMK dengan indeks integritas 93-99," tutur Menteri Anies.

Penilaian integritas ini, lanjutnya, diukur dengan melihat pola kerja sama dan pola kecurangan peserta didik di suatu sekolah dalam mengerjakan soal ujian nasional. "Angkanya (indeks integritas) nol sampai 100. Jika tidak ada kecurangan, angkanya 100. Jika terdapat 20 persen kecurangan, angka integritasnya 80. Kami tidak bisa mengukur kejujuran, tetapi bisa mengukur ketidakjujuran," tegasnya.

Dia menambahkan, metode penilaian integritas seperti itu sudah banyak dipraktikkan di berbagai negara.‎ Anies berharap tahun depan semua provinsi masuk 500 teratas indeks integritas UN.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar