Jabar Terus Kebut Persiapan PON XIX 2016

Jawa Barat yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 terus melakukan persiapan. Untuk urusan venue, sebagian besar telah memasuki tahap penyelesaian.

PON XIX akan dilangsungkan pada 9-21 September 2016 mendatang. Event empat tahunan ini mengusung tagline "Berjaya di Tanah Legenda".

Ada 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON XIX. Jumlah itu masih akan ditambah sembilan cabang olahraga ekshibisi. Dengan total 53 cabang olahraga utama, PON XIX akan menjadi PON dengan jumlah cabang olahraga terbanyak.

Banyaknya cabang olahraga yang dipertandingkan membuat jumlah medali yang diperebutkan di PON XIX juga bertambah. Akan ada 753 medali emas yang tersedia di PON XIX. Sebagai perbandingan, PON XVIII 2012 di Riau menyediakan 600 medali emas.

Jabar menyiapkan total 59 venue untuk menggelar PON XIX. Venue-venue yang tersebar di 15 kabupaten/kota itu bisa berupa arena, lapangan, maupun gelanggang pertandingan.

Dari 59 venue yang disiapkan, cuma sebagian kecil yang merupakan venue baru. Sebagian besar adalah venue yang sudah ada dan dioptimalisasi, sementara sebagian lainnya adalah venue sewaan.

"Ada delapan venue baru. Sebanyak 42 venue adalah optimalisasi, baik berupa rehabilitasi atau renovasi. Sembilan lainnya venue sewa," jelas perwakilan bidang Sarana Prasarana PB PON XIX, Boy Iman Nugraha, di Bandung, Rabu (9/12/2015).

Venue baru yang dibangun antara lain Lapangan Futsal ITB Jatinangor (untuk cabang olahraga futsal), Graha Laga Satria ITB Jatinangor (pencak silat), Kolam Renang Si Jalak Harupat (polo air), Gedung Serba Guna Tinju Pelabuhan Ratu (tinju), dan Arena Panjat Tebing Cikole Lembang.

Pembangunan venue baru maupun optimalisasi yang sudah ada saat ini terus berjalan. Boy menyebut proses pengerjaan sudah mencapai sekitar 94%.

"Apa yang kami kerjakan mudah-mudahan sudah memenuhi standar. Apabila belum akan kami sempurnakan di tahun 2016. Di tahun 2016 hanya penyempurnaan. Semoga di bulan Juli sudah siap," katanya.

Di luar urusan venue, panitia penyelenggara PON XIX juga telah mempersiapkan akomodasi dan konsumsi, baik untuk atlet, ofisial, panitia penyelenggara, wasit, juri, dewan hakim, dan tamu undangan. Diperkirakan akan ada 12.878 atlet dan ofisial di PON XIX, yang membutuhkan sekitar 6.439 kamar.

"Kami telah mendata 114 hotel dengan jumlah kamar 9.953. Jadi, masih ada cadangan 35%," ujar perwakilan bidang akomodasi dan konsumsi PB PON XIX, Elis Yatimah.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar