Jokowi: Di COP21 Paris 17 Negara Komitmen Melestarikan Hutan

Presiden Joko Widodo baru saja menghadiri pertemuan COP21 di Paris, Prancis, yang membahas soal perubahan iklim dunia. Hasilnya, 17 negara berkomitmen untuk melestarikan hutan, termasuk Indonesia.

Jokowi mengatakan, acara COP21 ini dihadiri oleh pemimpin dari 150 negara. Di forum itu, Indonesia memberikan dukungan kepada COP21 yang berkomitmen terhadap isu perubahan iklim.

"Kemudian mengajak negara-negara untuk berkontribusi yang lebih kemudian mengharapkan kepemimpinan negara maju dalam pengurangan emisi dan mendorong kerjasama internasional terutama dalam hal implementasi," ujar Jokowi saat jumpa pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (2/12/2015).

Selain itu, Jokowi mengatakan, Indonesia menegaskan komitmenya untuk pelestarian hutan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

"Saya juga menegaskan komitmen Indonesia untuk pelestarian hutan dalam pembangunan yang berkelanjutan bersama 17 negara lainnya yaitu Australia, Brazil, Kanada, Colombia, Ethiopia, Prancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Liberia, Mexico, Peru, Inggris dan Amerika Serikat. Karena terdapat satu miliar orang yang hidup secara langsung terkait dengan hutan dan 6 miliar orang yang tidak langsung terkait dengan hutan," jelas Jokowi.

Selain itu, dalam sesi dengan tema energi terbarukan, Indonesia menekankan komitmennya mendorong akselerasi penggunaan energi baru dan terbarukan.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia memiliki arah yang jelas mengenai energi baru terbarukan target mencapai 23% penggunaan energi baru dan terbarukan pada tahun 2025 dan elektrifikasi pedesaan yang hampir mencapai 100% pada 2019," kata Jokowi. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar