Ramalan IMF: Ekonomi RI Tumbuh 5% di 2016

Dana Moneter Internasional alias International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga 5%. Tahun ini ekonomi RI bertahan tumbuh moderat di tengah gejolak ekonomi dunia.

Menurut Kepala Tim IMF di Indonesia, Luis E. Breuer, secara keseluruhan ekonomi RI di 2015 sudah memuaskan karena bisa tumbuh cukup tinggi yaitu 4,7%.

Meski lebih lambat dari pertumbuhan ekonomi tahun lalu yang di atas 5%, namun angka tersebut masih jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara maju yang hanya tumbuh di bawah 1% bahkan nyaris nol.

"Ada pertumbuhan moderat sekitar 5% di tahun depan. Membaiknya iklim investasi jadi pendorong ekonomi di samping serapan anggaran dalam negeri," katanya.

Ekonomi Indonesia belum bisa tumbuh terlalu tinggi, karena dihambat oleh lemahnya harga-harga komoditas dan rendahnya permintaan dari negara tujuan ekspor.

Sementara prediksi inflasi di akhir 2015 mencapai 3%. Tahun depan perkiraan inflasi di kisaran 3-5% sesuai dengan prediksi Bank Indonesia (BI).

IMF juga memperkirakan Neraca Transaksi Berjalan/Current Account Deficit (CAD) Indonesia akan semakin menyempit tahun ini, sampai di 2% dari PDB.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar