Tiga Pelajar SMP Indonesia Sabet Emas di Kejuaraan Catur Internasional

Prestasi kembali ditorehkan pelajar Indonesia di bidang olahraga catur. Menyusul dengan disabetnya tiga medali emas oleh tim pelajar SMP Indonesia dalam event  di Penang, Malaysia yang digelar pada 7 - 12 Desember 2015‎.

Tiga medali emas disabet masing-masing oleh Muhammad Khairul Umam sebagai juara 1 kategori Champion, Syiffa Akiyya Sari kategori the Best 14 tahun dan Evi Yuli Ana kategori the Best Lady‎.

"Ini merupakan peningkatan prestasi dari tahun sebelumnya," ungkap Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Supriano dalam pernyataan persnya, Minggu (13/12)‎.

Dijelaskannya, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud total mengirim enam siswa ke Penang, Malaysia untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Siswa dan siswi itu merupakan peraih medali emas, perak dan perunggu pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2015 yang diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Mereka adalah  Muhammad Khoirul Umam, pelajar SMPN 1 Kembangbahu – Jawa Timur,. Evi Yuli Ana ( SMPN 32 Semarang,Jawa Tengah),  Muhammad Sultan (SMPN 4 Balikpapan – Kalimantan Timur),  Syifa Akiyya Sari (SMPN 3 Sleman – D.I Yogyakarta),  Alberto Pramana Martin Silaen (SMPN 7 Bandung Jawa Barat), dan  Gracelia Paramesthi Samekto (SMPN 1 Kuta Utara, Bali). Mereka mendapat pembekalan oleh tim PERCASI di Jakarta yang  diketuai  Hendry Jamal selama dua  minggu pada November lalu.

Turnamen Penang ini diikuti 11 negara antara lain Malaysia, Amerika, Korea, Singapura, Sri Lanka, Filipina, Inggris, Perancis, India, Australia dan Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 190 orang. Sistem pertandingan yang digunakan adalah Sistem Swiss 9 babak, catur standar atau classic.

"Turnamen ini untuk pertama kalinya diikuti Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud yang tahun 2015 Tim Indonesia berhasil meraih dua emas dan satu perunggu dalam event World School Chess Championships 2014 di Brazil," cetus Supriano.

Hendry Jamal menambahkan peraih juara 1 Champion Muhammad Khairul Umam merupakan siswa yang diikuti di turnamen ini dengan ELO ratting rendah dan tidak punya gelar namun mampu mengalahkan lawannya yang memiliki gelar internasional dengan rating rata-rata 1900 - 2000.

"Di turnamen ini Khairul Umam mengalahkan enam pecatur bergelar internasional dan ber ELO ratting Internasional antara lain Singapura, India, Malayasia, Pakistan, Philipines dan Rusia," tandas Hendry.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar