Kemenpar dukung sertifikasi tenaga kerja kepariwisataan level ASEAN

Menteri Pariwisata Arief Yahya bertemu dengan 104 perguruan tinggi. Dalam pertemuan itu, Dia meminta seluruh perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata untuk segera melakukan sertifikasi hingga level ASEAN.

"Ini merupakan strategi dalam meningkatkan kualitas SDM bidang pariwisata agar bisa bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN," kata Arief Yahya.

Sebagai bentuk dukungan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berencana mengadakan pelatihan dan sertifikasi dengan 35.000 orang.

"Angka tersebut dua kali lipat dari tahun 2015 yang hanya 17.000 orang," papar Arief.

Selain itu, pihaknya juga segera mengadakan pelatihan dasar pariwisata di 34 provinsi dengan merangkul 13.600 orang. Untuk pegawai Kemenpar diwajibkan mengikuti pelatihan ESQ tingkat lanjutan.

Dia berharap dari jumlah 1.800 lulusan perguruan tinggi pariwisata, maka seluruhnya bisa terserap di pasar kerja. Kemenpar pun berencana membangun dua politeknik baru untuk mendukung tenaga kerja kepariwisataan, yaitu Politeknik Pariwisata Palembang dan Politeknik Pariwisata Mataram.

Arief menginginkan adanya suatu reformasi birokrasi yang lebih signifikan di tahun 2016. Dirinya langsung menargetkan sekitar 75 persen peningkatan indeks reformasi birokrasi. Dari hal itu lah SDA yang memadai dinilai mampu menjadi modal utama dalam membangun pariwisata Indonesia.

"Kalau bangsa ini SDM nya bagus, pasti menang, dan itu tergantung manusianya," pungkasnya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar