Mahasiswa Unibraw Raih Juara World Universities Debating Championship di Yunani

Dua mahasiswa Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Nadya Ayuning Wuryanto dan Haris Apriyanto, mencetak prestasi membanggakan di kancah internasional dengan berhasil meraih juara II dalam 36th World Universities Debating Championship (WUDC) 2016 yang berlangsung pada 27 Desember 2015 hingga 4 Januari 2016 di Thessaloniki, Yunani .

Nadya, mahasiswi Teknik Industri angkatan 2010 dan Haris, mahasiswa Ilmu Gizi angkatan 2012 yang merupakan anggota Formasi (Forum mahasiswa Studi Bahasa Inggris) Unibraw, bergabung sebagai Tim Harnad mengikuti kategori EFL (English as Foreign Language) yang terbuka bagi debater dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Kategori ini sendiri adalah kategori turunan ke tiga setelah kategori utama (Open Main Break) dan ESL (English as Second Language). Dari speaker EFL, Nadya bahkan meraih rangking 8 dari 148 debater sedunia.

Pada 29-31 Desember 2015, WUDC telah memulai 9 babak Penyisihan. WUDC menerapkan sistem British Parliamentary dimana ada 4 tim bertarung dalam 1 ruang mendebatkan 1 topik. Melewati keseluruhan babak penyisihan, 14 Victory points dikumpulkan oleh Harnad. Dengan 14 poin ini, Harnad berhak melaju ke semifinal kategori EFL.

Jalan Menuju Grand Final EFL tidak ringan. Di Round 1 bahkan mereka berhadapan langsung dengan tim dari salah satu universitas legendaris, Oxford University. Melewati keseluruhan babak penyisihan, Harnad mendiskusikan beragam topik mulai dari isu politik, fenomena sosial, hingga sistem peradilan dan hak asasi manusia.

Di Final EFL, Harnad bertindak sebagai Closing Government berhadapan langsung dengan National Technical University of Athens, Friedrich Schiller University Jena, dan Saints Cyril and Methodius University of Skopje Macedonia. Mendebatkan topik “THB that campaigners for refugee protection should not use pictures displaying the graphic suffering of refugees as part of their advocacy,” Harnad harus mengakui keunggulan Angeliki Filippatou dan Charalampos Mystakelis dari NTU Athens dan harus puas dmeraih juara 2.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar