Yess.. Carter Pesawat, Puluhan Ribu Wisatawan Tiongok Datang ke Bali

Kementerian Pariwisata memastikan puluhan ribu wisatawan asing asal Tiongkok akan mengunjungi wisata Indonesia, Bali, pada musim libur hari raya imlek, Februari nanti.  

Itu setelah dirinya mendapatkan laporan, 65 penerbangan dicarter, untuk membawa sekitar 23.000 wisatawan Tiongkok. Tujuan utama mereka adalah Bali, pulau yang dinobatkan terindah kedua di dunia dan nomor satu di Asia oleh Travel and Leisure 2015 itu. 

"Mereka berasal dari 11 kota besar di Tiongkok, dan di luar penerbangan reguler yang terus meningkat" kata Menpar Arief Yahya di Jakarta. 

Karena itu, untuk ikut memeriahkan hari raya imlek di pulau Dewata nanti, Kemenpar bekerjasama dengan Konjen Tiongkok di Bali, membuat acara khusus. Itu merupakan tindak lanjut program Kemenpar untuk mendatangkan wisatawan asal Tiongkok sebanyak mungkin.

"Kami sudah petakan kapan waktu liburan mereka. dari data itu Kemenpar merancang kapan berpromosi dan disentuh dengan tema apa? Matching dengan kapan kebiasaan orang Tiongkok," tegas Arief Yahya. 

Dari peta yang dibuatnya, ada beberapa waktu libur yang dimiliki oleh Tiongkok. Selain libur Tahun Baru Imlek 8 Februari nanti, ada libur Golden Week selama sepuluh hari, untuk memperingati 1 Mei, atau May day. 

Musim liburan lagi jatuh pada pertengahan tahun, libur reguler bagi anak-anak sekolah, sekitar Juli-Agustus. 

Jadwal liburan lagi pada HUT Kemerdekaan Tiongkok yang biasa diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Dan terakhir di akhir tahun bulan Desember sampai dengan awal Januari. 

"Timeline liburan, menjadi penting untuk menentukan marketing strategi dengan DOT (destination, origination, dan time). Strategi promosipun, juga mengacu pada DOT agar tepat," terangnya.

Total wisman dari Negeri Tirai Bambu itu lebih dari 23 ribu khusus selama liburan Imlek. Pesawat charter yg digunakan itu tipe Aircraft AB330 dengan setting semua kelas ekonomi, sehingga muatannya banyak. 

Panen wisman Tiongkok di musim Imlek 2016 ini, kata Arief, adalah ketepatan dalam matching  strategi pemasaran dan promosi itu. Menpar memang sudah keliling ke Beijing, Kunming, Shanghai, Xian, sampai ke Hongkong untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. 

"Bahkan saya sudah tiga kali bertemu dengan Menteri Pariwisatanya Tiongkok, salah satunya kami minta disupport guru-guru bahasa Mandarin untuk mengajar pramuwisata di Indonesia," paparnya

Wisatawan asing asal Tiongkok yang akan menikmati Bali tersebut berasal dari kota Shenyang (SHE), Xi An, Tianjin, Ji Nan, Tai Yuan, Zhengzhou, Kunming, ChongQing, Hefei, Ningbo, dan Chengdu.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar