Grup Wayang Prancis Les Remouleurs Residensi di Yogyakarta

Jelang gelaran akbar Printemps Français 2016 kembali akan dihelat tahun ini. Salah satu kelompok seni yang berpartisipasi dari Prancis Les Rémouleurs Company mulai 3 sampai 16 Maret mendatang melakukan residensi di Yogyakarta. Program residensi atau menetap serta berkarya tersebut didukung penuh oleh Institut Prancis di Indonesia (IFI). 

Sejak 2014, Les Rémouleurs telah berpartisipasi di Printemps Français Jakarta. Kali ini, kelompok yang berdiri pada 1983 rencananya selama masa residensi akan mempersembahkan pertunjukan wayang layang-layang bersama dengan tim seni dari Indonesia (Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta). 

Mengisahkan tentang langit di Indonesia yang tidak sama dengan Prancis. Para seniman Indonesia berbeda pula dengan seniman Prancis dalam  menyalurkan ekspresinya, namun tujuan mereka sama yakni soal pendidikan dan karya cipta. 

Dalam keterangan pers, Senin (7/3/2016), di pertunjukan wayang layang L'Oiseau (The Birds) sebuah wayang layang yang besar dengan ukuran sayap mencapai 8 meter akan terbang melayang menuju langit di malam hari. Gambar-gambar ciptaan seniman Indonesia-Prancis akan ditampilkan dengan tema pendidikan dan karya cipta. 

Pertunjukan L'Oiseau akan menghadirkan balon – balon helium yang dibuat oleh dua seniman prancis dan dua seniman indonesia. Gerakan dan ayunan sayap L'Oiseau akan ditemani oleh musik yang asing namun memikat dari grup Senyawa. Tim grafis dari Indonesia akan memeriahkan kolaborasi keduanya, yakni Heri Dono, Marjinal Bob, Gepeng Dewantoro, dan Gallia Vallet. Pertunjukan gambar dan wayang kulit oleh Olivier Vallet, untuk L'Oiseau dibawakan oleh Gallia Vallet, Anne Bitran, dan Ibrahim Adi. 

Sebelumnya, untuk keunikan dan kebaruan yang senantiasa dihadirkannya dalam bidang seni teater wayang, Les Rémouleurs diganjar berbagai penghargaan. Di antaranya, adalah Liquid Mirror, Arts Prize 2009, Cyclop/Camera Lucida dan Louis Jouvet Prize 2002. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar