Jelang Gerhana Matahari Total, Wisatawan Mulai Berdatangan ke Palu

Kota Palu di Sulawesi Tengah, menjadi salah satu wilayah yang dilintasi gerhana matahari total (GMT). Kota ini menjadi serbuan para wisatawan untuk menikmati fenomena langka tersebut. 

Seperti yang terlihat di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, ratusan wisatawan tampak memadati kawasan itu. Mereka datang berombongan dari berbagai daerah. 

Tak hanya wisatawan domestik, para wisatawan asing juga banyak yang berburu untuk menikmati gerhana matahari total di Palu. Mereka rata-rata membawa tas punggung besar atau tas carrier.

Salah satu wisatawan asal Jakarta, Risya mengaku sengaja menyempatkan berkunjung ke Palu untuk menyaksikan gerhana matahari total. Ia datang bersama saudaranya yang juga pecinta astronomi.

"Ini momen langka. Mudah-mudahan nggak sia-sia sudah jauh-jauh ke sini. Mudah-mudahan cuaca bersahabat," ucap mahasiswa ini di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Senin (7/3/2016).

Risya sengaja memilih Kota Palu untuk mengamati gerhana matahari total karena waktunya tidak terlalu pagi dibanding kota-kota lain di wilayah Indonesia barat. Selain itu, menurutnya, kawasan Indonesia timur juga belum terlalu sering hujan sehingga diharapkan pengamatan gerhana matahari dapat lebih maksimal.

Membeludaknya pengunjung tersebut diakui oleh para warga dan pengelola event organizer setempat. Sejak Minggu (6/3), wisatawan yang datang ke Palu semakin banyak.

"Ramai sekali sekarang. EO banyak kebanjiran order. Hotel-hotel sudah penuh," kata salah seorang warga, John.

Di Palu, gerhana matahari total akan mulai terlihat pukul 07.27.50 hingga 08.38.46 WITA pada 9 Maret, lusa. Pengamatan akan difokuskan di 2 titik, yakni di lapangan TVRI Kota Palu dan lapangan Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Rencananya pengamatan di Kotapulu akan dihadiri Wapres Jusuf Kalla. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar