MSC, Kompleks Olahraga dan Stadion Level Internasional di Papua

Sebuah kompleks olahraga dan stadion bertaraf internasional dibangun di Kabupaten Mimika, Timika, Papua, sebagai salah satu bentuk dukungan PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua.

Seperti tertuang dalam rilis persnya, PTFI menyatakan bahwa kompleks olahraga dengan nama Mimika Sport Complex (MSC) tersebut mulai dibangun sejak tahun 2013 di atas lahan seluas 12,5 Ha milik Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika.

Sarana olahraga MSC, yang rencananya siap dioperasikan pada pertengahan tahun ini, akan memiliki stadion tertutup, stadion terbuka, asrama atlet, dan bangunan penunjang lainnya.

Stadion tertutup diperuntukkan sebagai arena bagi cabang olahraga bulutangkis, basket, dan voli. Stadion ini dirancang untuk dapat menampung 5.500 penonton, termasuk 75 penonton VIP, serta dilengkapi dengan area pertokoan dan perkantoran di dalamnya.

Sementara stadion terbuka dilengkapi dengan jalur lari jarak pendek dan menengah berstandar internasional serta beberapa cabang atletik lainnya seperti lempar lembing, tolak peluru dan lompat jauh. Stadion terbuka ini memiliki dua tribun utama; di bagian barat berkapasitas 2.200 penonton dan bagian timur berkapasitas 1.300 penonton.

Ada pula dua asrama atlet di dalam MSC yang masing-masing bisa menampung 50 atlet dan tujuh pelatih. Asrama dilengkapi dengan fasilitas rekreasi (fitness/gym) yang terdapat di dalam asrama penunjang.

Pembangunan MSC dilakukan dengan menggandeng tiga perusahaan kontraktor dan berjalan di bawah pengawasan langsung konsultan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

MSC, yang desainnya disesuaikan dengan budaya setempat, dibangun atas permintaan Pemda Mimika ke Freeport. Menghabiskan biaya 33 juta dolar AS, MSC turut diharapkan bisa mendorong lahirnya atlet-atlet dari Papua.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar