15 Perenang Jalani Tes Fisik dari Satlak Prima

Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) melangsungkan tes fisik pada 15 perenang Indonesia. Hasilnya, kondisi mereka mayoritas belum maksimal.

Hal itu disampaikan Manajer Strength and Conditioning Satlak Prima Kelana Sukma Anggun Jatnika. Tes fisik selama dua hari tersebut tuntas dilangsungkan pada hari Kamis (28/4/2016), di kolam renang Tirta Arum Blahkihu, Badung, Bali.

"Kondisi fisik mereka masih belum maksimal dan perlu dibuat formula latihan untuk meningkatkannya. Formula latihan akan disusun bersama Direktur Performa (HPD) dan pelatih renang dengan mengacu hasil test fisik yang sudah dilakukan," kata Kelana dalam rilis persnya.

Ke-15 perenang itu adalah Aflah Fadlan Prawira, Satrio Bagaskara, Ricky Anggawijaya, Muhamad Hamgari, Dennis Josua Tiwa, Indra Gunawan, dan Putra M Randa, Ressa Kania Dewi, Raina Saumi Grahana, Yessy V Yosaputra, AA Istri Kania Ratih A, Sagita Putri Krisdewanti, Vanessa Evato, Azzahra Permatasari, dan Katherine Mella Gusti Anjani. 

Tes fisik yang dilakukan sendiri meliputi static flexibility, water speed, standing broad jump, 12 level core stability, critical swim speed sest, dan VO2Max.

Sementara itu Direktur Perfoma Renang Hartadi menyambut baik program yang dilakukan Satlak Prima dalam rangka meningkatkan perfoma atlet melalui tes fisik itu.

"Sekarang kita bisa melihat hasil tes fisik dan kekurangan yang ada. Selain itu, personil Satlak Prima selalu membangun komunikasi dan mengajak kita berdiskusi untuk menyempurnakan program latihan peningkatan prestasi atlet dengan melibatkan sport science," ujar Hartadi.

Berbicara mengenai 15 perenang yang mengikuti tes fisik, Hartadi menjelaskan mereka dijaring berdasarkan catatan waktu terbaik. "Renang itu kan cabang olahraga terukur. Jadi, kita bisa menentukan perenang yang direkrut untuk persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 melalui catatan terbaik," sebutnya.

Dalam menjalankan program latihan, imbuh Hartadi, cabang olahraga renang melibatkan pelatih asal Prancis, David Armandoni, yang mendapat rekomendasi Satlak Prima. 

"Kita mengusulkan David Armandoni yang pernah menjadi asisten pelatih renang Prancis karena telah membuktikan kualitasnya. David itu pernah dikontrak Dispora Provinsi Riau yang menjadikan Vanessa Evato dan Azzahra menduduki peringkat satu nasional," jelasnya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar