Pahawang, Surga yang Tak Jauh dari Jakarta

Nama Pahawang sedang hits di telinga traveler. Pulau ini disebut surga karena keindahannya yang mencuri hati dan tak jauh pula dari Jakarta.

Pulau Pahawang di Pesawaran, Lampung Selatan tengah menjadi pembicaraan banyak traveler. Bahkan kini semakin menjamur usaha travel yang menawarkan paket liburan ke Pahawang di akhir pekan. Karena letaknya tak terlalu jauh, traveler Jakarta yang sudah mulai bosan dengan Kepulauan Seribu, berbondong-bondong menuju pulau cantik nan eksotis itu.

Dari Jakarta, perjalanan ke Pahawang dimulai dengan menaiki bus ke Pelabuhan Merak. Lalu dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Dari Bakauheni, diperlukan waktu sekitar tiga jam menaiki bus untuk sampai ke Dermaga Ketapang.

Sesampainya di Dermaga Ketapang, pulau-pulau kecil nan indah sudah tampak dari kejauhan. Menumbuhkan hasrat untuk segera menikmati kecantikannya dari dekat.

Dengan perahu motor, para traveler menyambangi pulau-pulau kecil itu satu per satu. Yang paling menarik antara lain Pulau Kelagian Kecil, Pulau Kelagian Besar, Pulau Pahawang Kecil, dan Pulau Pahawang Besar.

Pulau Kelagian Kecil menyuguhkan pantai berpasir putih nan lembut yang berpadu apik dengan air hijau tosca bening layaknya kaca. Sementara di Pulau Kelagian Besar tersedia wahana olahraga air seperti banana boat dan sofa boat. Selain itu, Pulau Kelagian Besar juga sering digunakan sebagai tempat latihan TNI AL.

Pulau Pahawang Kecil merupakan salah satu tempat paling mengagumkan di sana. Karena jika air surut, tampak Pasir Timbul yang menghubungkan pulau ini dengan Pulau Pahawang Besar.

Nah, Pulau Pahawang Besar banyak digunakan sebagai tempat menginap para traveler. Di sana terdapat vila dan homestay yang jumlahnya masih sedikit. Selain itu, sinyal handphone pun sangat sulit ditemukan. Namun di situlah letak kenikmatannya. Traveler bisa sejenak lepas dari hiruk pikuk dunia luar dan benar-benar menikmati suasana pinggir pantai yang menenteramkan.

Selain keindahan pantainya, Pahawang juga punya panorama bawah laut yang menakjubkan. Ada beberapa spot menarik untuk snorkeling. Seperti Cukuh Bedil yang selain memiliki terumbu karang dan ikan yang cantik, juga banyak dihiasi tulisan di papan yang bisa digunakan traveler untuk latar foto underwater.

Selain itu, ada pula Taman Nemo, tempat penangkaran ikan nemo yang mungil dan lucu. Lalu salah satu spot snorkeling terbaik lainnya adalah Gosong Pancong yang berair sangat jernih. Bahkan, terumbu karang dan ikan-ikan pun sudah terlihat jelas dari atas perahu.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar