Alam Bawah Laut Indonesia Pikat Pengusaha Thailand

Keindahan alam bawah laut Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Banyak pengusaha Thailand yang terpikat dan ingin membuat paket wisata diving di Indonesia. 

Sebanyak 31 orang pengusaha wisata diving Thailand tampak antusias menyimak penjelasan 8 perusahan wisata diving Indonesia yang tersebar pada delapan meja bundar di Ball Room hotel JW Marriot Bangkok.

Para pengusaha wisata Thailand tampak serius menanyakan lebih detail mengenai berbagai hal terkait dengan tujuan-tujuan wisata diving di Indonesia. Terutama soal masalah keunikan alam bawah laut yang ditawarkan, fasilitas pendukung, transportasi menuju lokasi, dan perkiraan harga paket wisata.

Para pengusaha wisata diving Indonesia secara bergiliran mendatangi masing-masing meja yang diduduki 3–4 orang pengusaha wisata diving Thailand untuk memperomosikan tujuan-tujuan wisata diving di seluruh Indonesia. Para pengusaha wisata kedua negara juga membahas berbagai pola kerjasama, antara lain melalui pola kerjasama pemasaran bersama tujuan-tujuan wisata diving Indonesia kepada turis-turis wisata diving yang mengunjungi Thailand.

Antusias para pengusaha perjalanan wisata Thailand wajar, karena sebelumnya, para pengusaha tersebut telah mendapatkan penjelasan mengenai tujuan-tujuan wisata diving di Indonesia serta video mengenai keindahan dan keunikan menyelam di perairan Indonesia.

Beberapa elemen yang dijelaskan antara lain jumlah tempat wisata diving Indonesia yang tersebar di hampir seluruh kepulauan, lokasi perairan Indonesia yang merupakan pusat dari Corral Triangle, dan fauna-fauna laut di dalamnya yang unik dan langka. Hal tersebut terbukti dengan dimilikinya tempat-tempat wisata diving yang sangat terkenal di dunia mulai dari pulau Weh di Banda Aceh sampai Raja Ampat di Papua. 

Dalam salah satu video presentasi ditayangkan keindahan dan keunikan menyelam di perairan Indonesia, salah satunya di Laut Banda, Ambon, yang menampakkan kegiatan penyelaman ditemani gerombolan ikan Hiu Palu (Hammer Whale). Video tersebut merupakan karya seorang penyelam Thailand bernama Nu Parnupong.

Dua kegiatan tersebut merupakan prosesi dari kegiatan Sales Mission (Table Top) sektor wisata diving Indonesia bertema Enchanting under water Indonesia. Acara diselenggarakan pada tanggal 11 Mei 2016 atas kerjasama Kementerian Pariwisatan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar RI di Bangkok. Acara dibuka oleh Kuasa Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia, Bebeb A.K.N. Djundjunan.

Dalam sambutannya, KUAI KBRI Bangkok menegaskan bahwa para pengusaha wisata diving Indonesia dan Thailand dapat meningkatkan kerjasama dan manfaat dari sektor wisata diving di Indonesia karena tujuan wisata diving di Indonesia memiliki keunggulan dalam aspek jumlah dan juga keidahan dan keunikannya.

"Indonesia merupakan pilihan yang tepat untuk tujuan wisata diving karena sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau serta merupakan pusat dari Corral reef Triangle memiliki berbagai lokasi diving yang kaya indah, dan unik," ujar Bebeb A.K.N. Djundjunan.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun public awareness mengenai keindahan dan keunikan tujuan wisata diving Indonesia di Thailand.

"Diharapkan agar para tour operator wisata diving Thailand menyadari keunggulan wisata diving Indonesia dan memasarkannya kepada para turis yang mengunjungi Thailand," tegas Dian, pejabat Kementerian Pariwisata yang memimpin misi table top dimaksud.

Sales Mission sektor wisata diving Indonesia tersebut juga tepat ditinjau dari segi waktu penyelenggaraan, sehari setelahnya diselenggarakan Thailand Dive Expo di Queen Sirikit National Convention Centre, Bangkok sampai dengan tanggal 15 Mei 2016.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar