Wilbert Osmond Raih Emas International Conference of Young Scientist 2016 di Rumania

Siswa Indonesia kembali mencetak prestasi membanggakan dalam kancah sains internasional. Wilbert Osmond (16), siswa kelas II SMA Chandra Kusuma School berhasil menyabet medali emas dalam bidang Computer Science di ajang International Conference of Young Scientist (ICYS) yang diselenggarakan pada 16-22 April 2016 di Cluj-Napoca, Rumania.

Wilbert dengan penelitiannya yang mengetengahkan enkripsi data dengan menggunakan Chaos Theory ini berhasil menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil meraih medali emas. Keseluruhan rombongan Indonesia berhasil meraih 1 emas, 1 perak, 4 perunggu dan 1 penghargaan khusus. Lomba penelitian itu diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari 28 negara di tiga benua, yaitu Eropa, Asia, dan Amerika.

“Kami sangat bangga sekali dengan prestasi ini. Mudah-mudahan bisa memicu anak-anak yang lain untuk terus berprestasi,” kata Malahayati Holland, Ketua Yayasan Chandra Kusuma School, saat menyambut kepulangan Wilbert di Bandara Kuala Namu, Deli Serdang (24/4).

Ikut mendampingi Malahayati, orang tua Wilbert, Herman Cu dan dua guru Rosdiana, Sungguh Ponten Pra­nata. “Wilbert memiliki tallent yang luar biasa. Ia memiliki kemam­puan berpikir yang cerdas,” ungkap Malahayati.

Sementara Wilbert me­ngu­capkan terima kasih atas pe­nyam­butan hangat dari pihak sekolah. Ia mengaku kaget, karena tidak me­nyangka dijemput langsung oleh ketua yayasan.

“Ini surprise sekali bagi saya. Cukup kaget dan senang juga. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bu Malahayati dan seluruh guru yang membimbing saya. Tanpa dorongan dan bimbingan mereka, saya tak mungkin bisa meraih prestasi ini,” ucap Wilbert.

Dikatakannya, kemenangannya di ajang ICYS Rumania, tidak didasarkan kepintaran semata, te­tapi juga belajar dan bekerja keras. “Banyak kesalahan yang dilakukan saat latihan. Tetapi itu tidak mem­buat saya berhenti mencoba se­suatu,” ucapnya.

Sebelumnya, Wilbert Osmond berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang Lomba Peneliti Belia Nasional (LPBN) 2015 di Yogyakarta. Kini, anak pasangan Herman Cu dan Anni Wahidi ini menorehkan prestasi pada ajang ICYS 2016 di Rumania dengan berhasil meraih emas menyingkirkan ratusan peserta dari negara lain.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar