Daud Yordan Rebut Gelar Juara Dunia Kelas Ringan WBA di Uruguay

Petinju Daud “Cino” Yordan berhasil merebut gelar interim Asosiasi Tinju Dunia (WBA) International kelas ringan setelah menang angka mutlak atas petinju Argentina, Cristian Rafael Coria, pada 4 Juni 2016 di Radisson Victoria Plaza Montevideo, Uruguay.

Sepanjang pertandingan, serangan didominasi Daud. Pada ronde pertama, Daud sempat jatuh akibat pukulan straight kiri Coria. “Saya tadi terkena lucky blow, pukulan yang tidak disengaja. Terkena pukulan yang tak jelas arahnya pada bagian wajah. Tapi, itu hal yang lumrah di tinju,” kata Daud mengenai insiden terjatuh pada ronde pertama.

Namun, pada ronde selanjutnya, serangan terus diluncurkan kepada Coria. Daud tampil menyakinkan dan banyak melayangkan pukulan akurat. Pada ronde keenam. Daud melayangkan pukulan yang cukup akurat ke bagian wajah Coria. Namun, pukulan itu belum cukup membuat sang lawan jatuh. Coria sempat terjatuh pada ronde ketujuh. Namun, dia mampu bangkit dan melanjutkan pertarungan.

Hingga akhir pertarungan, tak ada petinju yang menang KO. Pemenang harus ditentukan lewat perhitungan juri. Dalam pertandingan bertitel “Battle in Uruguay” ini, ketiga hakim sepakat memberi angka lebih besar kepada Daud. Hakim pertama memberi nilai 97-92 untuk keunggulan Daud. Nilai dari hakim kedua sebesar 96-93 untuk Daud. Hakim ketiga juga memenangkan Daud dengan nilai 97-92.

“Saya senang karena hasil ini sesuai harapan. Semua ini berkat doa dari masyarakat Indonesia, khususnya orang tua, saudara, dan bapak angkat saya, Osman Sapta. Berkat mereka saya bisa membawa pulang sabuk juara ini ke Indonesia,” kata pemuda kelahiran Sukadana, Kalimantan Barat, 10 Juni 1987 ini.

Daud mengaku senang dan bangga bisa membawa pulang gelar juara ke Indonesia. Bahkan, dia mendapat pujian dan julukan baru dari para praktisi tinju di Uruguay sebagai The Last of the Mohicans. 

Petinju asal Sasana Kayong Utara, Kalimantan Barat, itu sebelumnya sudah dua kali mempertahankan gelar juara kelas ringan versi Organisasi Tinju Dunia (WBO) Asia-Pasifik. Terakhir kali, dia mempertahankan gelarnya setelah menang angka atas petinju Jepang, Yoshitaka Kato, di Balai Sarbini, Jakarta, 4 Februari 2016.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar