Indonesia Pamer Kekuatan Digital di Forum Menteri Dunia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara baru saja berbagi informasi mengenai pengalaman Indonesia yang coba meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat melalui pengembangan inovasi digital.

Informasi itu disampaikan oleh menteri yang akrab disapa Chief RA itu dalam Opening Plenary Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting 2016 on the Digital Economy di Cancun, Mexico.

Dalam acara bertema Innovation, Growth and Social Prosperity tersebut, Rudiantara menyampaikan target-target pemerintah melalui UKM Go Digital, Roadmap e-Commerce, dan Palapa Ring.

"Indonesia menerapkan kebijakan yang lebih bersahabat dalam peluang investasi yang berguna untuk peningkatan startup digital di Indonesia," kata Chief RA.

Upaya untuk mendorong startup digital memang telah dilakukan oleh sang menteri bersama dengan Kibar Kreasi melalui gerakan nasional Seribu Startup Digital. Diharapkan dari gerakan itu tercipta nilai ekonomi USD 10 miliar pada 2020 mendatang.

Sebelumnya dalam pertemuan bilateral dengan Sekjen OECD Angel Gurria, ia mengungkap kekaguman OECD atas fenomena peningkatan nilai ekonomi melalui digitalisasi UMKM. 

Rudiantara menyatakan peningkatan nilai ekonomi melalui digitalisasi UMKM telah dilakukan. "Indonesia menetapkan target yang tinggi untuk menjadikan UMKM Go Digital sebagai kontributor utama perekonomian nasional," jelasnya.

Pertemuan OECD kali ini membahas agenda digitalisasi melalui empat kunci kebijakan sebagai pondasi pertumbuhan ekonomi digital, yaitu kebijakan keterbukaan internet, penguatan kepercayan terhadap aktivitas digital; konektivitas global; serta transformasi radikal dalam profesi dan kemampuan digital.

OECD atau Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi merupakan organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas.

Meski tidak menjadi negara anggota OECD, namun Indonesia diundang untuk berbagi pengalaman pengelolaan ekonomi digital. Kesempatan sebagai pembicara pada Opening Plenary adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga. Sesuai jadwal, Rudiantara masih akan menjadi pembicara dalam diskusi panel yang membahas Skill in Digital World. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar