mBengkel: Aplikasi untuk Mengatasi Masalah Darurat Kendaraan Buatan UGM

Apa jadinya jika saat membawa kendaraan bermotor dan di tengah jalan terjadi masalah dengan kendaraan sementara Anda tidak tahu soal mesin atau masalah yang sedang dihadapi dan Anda tidak menemukan bengkel terdekat? Bisa jadi hal tersebut membuat anda bingung, stres, atau bahkan panik. Persoalan ini jadi inspirasi 5 mahasiswa UGM untuk mengembangkan aplikasi yang diberi nama “mBengkel: One Touch Solution for Your Vehicle Problem.”

“mBengkel diciptakan untuk membantu pengendara yang merasa kebingungan ketika mengalami masalah di jalan, apalagi orang yang tidak mengerti masalah mesin,” ujar Alfian Andi (Elektro dan Instrumentasi ’15), yang tergabung dalam tim PKM-K C’montir bersama Abdurrohman A Rofiq (Teknik Mesin’ 14), Krisna Attayendra (Ilmu Komputer ’15), Thoha Ikhwanul Haq (Ilmu Komputer ’15), dan Raihan Wahyu Yuwono (Ilmu Komputer ’15).

Dengan aplikasi mBengkel, pengendara yang mengalami masalah kendaraan di jalan tidak perlu repot mencari bengkel dan bersusah payah mendorong kendaraannya. Dengan menggunakan fitur servis di mBengkel, bengkel-bengkel yang akan datang melayani pengendara di tempat.

Cara menggunakannya adalah pertama-tama pengguna memilih jenis kendaraan, lalu menuliskan deskripsi kerusakan dan sub kerusakan, misalnya mesin dengan sub kerusakan mogok. Pada menu detail kerusakan, pengguna bisa menuliskan kerusakan secara detail, terdapat juga menu untuk menambahkan foto.

Selanjutnya, pada menu pilih bengkel, pengguna dapat memilih bengkel dari daftar bengkel yang berada di sekitar lokasi pengguna atau yang sudah jadi langganannya. Bisa juga meminta sistem yang memilihkan bengkel sesuai kerusakan. Sistem akan mendeteksi keberadaan pengguna berdasarkan info lokasi yang diberikan. Setelah konfirmasi dilakukan, notifikasi akan dikirim ke aplikasi bengkel, dan tim bengkel pun siap meluncur ke lokasi.

“Selain kebutuhan darurat kita juga menyediakan jasa tambahan berupa antar jemput kendaraan untuk dicuci, serta untuk keadaan darurat orang kehilangan kunci nanti akan ada tim kami yg datang untuk pembuatan kunci baru kendaraan,” imbuh Alfian.

Rencananya aplikasi ini diliris untuk masyarakat umum pada Juni 2016. Tim mBengkel masih fokus pada pengembangan aplikasi mereka untuk digunakan oleh warga Jogja dan sekitarnya pada saat ini, namun nantinya akan masuk ke pasar yang lebih luas. Salah satu upaya pengembangan yang dilakukan adalah merangkul lebih banyak bengkel untuk bekerja sama memanfaatkan layanan ini.

“Sudah beberapa bengkel yang telah kami lakukan koordinasi dan sudah ada beberapa yang bekerja sama dengan kami,” jelas Rofiq selaku Marketing Team.

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat maupun bengkel untuk maju dan bersama-sama mengatasi permasalahan yang ada, sesuai dengan motto mBengkel “Safe Ride, Save Time, Enough Said.”  Selamat berkendara aman, nyaman, dan bebas stres kendaraan bermasalah di jalan bersama mBengkel.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar