Persiapan Asian Games 2018, Tim Perahu Naga Indonesia Raih Emas di Luar Negeri

Tim perahu naga Indonesia mulai melakukan serangkaian ujicoba ke luar negeri dalam persiapannya untuk Asian Games 2018, dan mereka mendulang hasil positif.

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) mengikutsertakan tim perahu naga putri ke kejuaraan DBS Marina Regatta di Singapura pada Minggu (5/6) lalu, dan tim putra ke turnamen Hakka International Dragon Boar Race di Kaifeng, China, pada 7-9 Juni.

Hasilnya, prestasi kedua tim cukup menggembirakan. Tim yang diasuh Syahid Nuryasin dan Jhon Matulessy ini merebut medali emas di final 500 meter premier women. Tim yang diperkuat 14 pedayung ini mampu mengalahkan tim Hong Kong, Singapura, dan Filipina.

Sedangkan tim putra membawa pulang dua medali emas. Kedua medali itu disumbangkan dari nomor 200 meter dengan mencatat waktu 40,72 detik dan jarak 500 M dengan mencatat waktu 1 menit 48,69 detik

Direktur Performa Tinggi Dragon Boat, Young Mardinal, menilai torehan yang dicatatkan timnya luar biasa. Alasannya, mereka bisa menang di tempat yang merupakan asalnya perahu naga.

"Penampilan anak-anak cukup luar biasa. Mereka mampu mengembalikan citra dragon boat dengan merebut gelar juara umum di China yang merupakan 'kandang macan' dragon boat," kata Young.

Senada, Direktur Perfoma Tinggi (HPD) Lomba 1 Satlak Prima, Hadi Wihardja, mengataka, hasil di Singapura dan China merupakan rekam jejak tim perahu naga putra yang pernah menyumbangkan medali emas di Asian Games 2010 Guangzhou, China.

"Putri sudah menunjukkan perfoma yang cukup baik setelah dilatih selama enam bulan. Apalagi dengan materi 40 persennya ialah atlet muda. Ini adalah awal yang baik untuk di ajang yang lebih besar lagi," kata Hadi, ketika dihubungi terpisah.

"Putra lebih cepat adaptasi pada saat latihan. Mereka lebih tajam waktunya dibandingkan saat latihan," lanjutnya.

"Waktu persiapan masih panjang menuju Asian Games 2018. Tinggal kemampuan individualnya yang harus ditingkatkan lagi. Semoga target dua medali emas Asian Games 2018 dapat terwujud."

Rencananya, tim putra akan kembali tampil pada kejuaraan dragon boat di Nanning, China, 10-12 Juni, nanti.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar